Selasa

Tuhan yang menjadikan Kaya

Apa ukuran bahwa seseorang dikatakan Kaya?

Ukuran seseorang dikatakan kaya menurut Alkitab tidak seperti ukuran manusia, sebab Tuhan memberkati kita bukan separuh hati, atau dalam bentuk dicicil kepada manusia.  Sekali kaya maka akan menjadi kaya selamanya, Tuhan mengajar agar anak-anaknya mencari dahulu jenis-jenis kekayaan yang bisa dibawa kedalam kekekalan.

Matius 6:19-20

6:19 “Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya.
6:20 Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya.

Tempat tabungan kita adalah surga, Allah tidak mengajarkan kita untuk mengejar kekayaan duniawi. Allah akan memberkati keperluan kita menurut kekayaan dan kemuliaanNya. Kekayaan adalah berkat Tuhan semata :

Filipi. 4:19
Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus.

Amsal 10:22
Berkat Tuhanlah yang menjadikan kaya, susah payah tidak akan menambahinya.

UANG, EMAS & PERAK serta Jenis benda berharga lainnya hanya sebuah alat untuk menilai kekayaan yang anda miliki di dunia ini. Benda-benda ini tidak bisa dibawa mati, oleh karena itu kenikmatan dari sebuah arti kekayaan adalah kebahagiaan selama masih hidup. Kebahagiaan Seperti Apa, coba pilih beberapa jenis kebahagiaan dibawah ini :

  1. Kalau saya sudah kaya, saya akan buktikan kepada istri saya bahwa bukan dia saja perempuan di dunia ini
  2. Kalau saya sudah kay,  saya akan membangun gedung tinggi dan dunia tahu siapa saya
  3. Kalau saya sudah kaya,  saya akan mendonasi misi penginjilan orang Afrika
  4. Kalau saya sudah kaya, saya akan balas dendam orang tuaku yang disiksa oleh saudara sepupu
  5. Kalau saya sudah kaya, saya akan menjadi pendeta dan meninggalkan cara hidup dunia.

Ribuan motivasi terselubung dalam otak manusia, Tuhan akan uji semua itu dan akhirnya DIA yang memutuskan apakah anda layak atau tidak.

Beberapa orang yang memiliki fasilitas lebih menyalahkgunakan kekyaan itu untuk kesenangan dengan berzinah, membunuh dan membelokkan keadilan dengan menyuap para penguasa.  Banyak kita menjumpai orang-orang kaya dan terkenal, seakan-akan tidak ada kesusahan dalam hidupnya. Tetapi kemudian berita tentang mereka pun menggentarkan hati, mereka tidak dapat menikmati hidupnya karena takut bangkrut, atau mengalami kecemasan-kecemasan lainnya.

Sekarang untuk apa anda kaya kalau hanya untuk mewujudkan kesenangan diri sendiri? Kebahagiaan yang dimaksud TUHAN dalam alkitab adalah kebahagian unik. Baca Pengkhotbah 6:1,2

6:1 Ada suatu kemalangan yang telah kulihat di bawah matahari, yang sangat menekan manusia:
6:2 orang yang dikaruniai Allah kekayaan, harta benda dan kemuliaan, sehingga ia tak kekurangan suatupun yang diingininya, tetapi orang itu tidak dikaruniai kuasa oleh Allah untuk menikmatinya, melainkan orang lain yang menikmatinya! Inilah kesia-siaan dan penderitaan yang pahit.

Jika kita diijinkan untuk memiliki kekayaan, kita harus sadar bahwa semuanya karena anugerah Allah saja. Sebab bagi umat Tuhan, harta dunia, apapun bentuknya, bukanlah tujuan akhir hidup ini.

Yakobus 2:5
Dengarkanlah, hai saudara-saudara yang kukasihi! Bukankah Allah memilih orang-orang yang dianggap miskin oleh dunia ini untuk menjadi kaya dalam iman dan menjadi ahli waris Kerajaan yang telah dijanjikan-Nya kepada barangsiapa yang mengasihi Dia?

Kekayaan yang datang dari Tuhan, dapat dinikmati sebagai karunia :

Pengkhotbah 5:17-18

5:17 Lihatlah, yang kuanggap baik dan tepat ialah, kalau orang makan minum dan bersenang-senang dalam segala usaha yang dilakukan dengan jerih payah di bawah matahari selama hidup yang pendek, yang dikaruniakan Allah kepadanya, sebab itulah bahagiannya.
5-18 Setiap orang yang dikaruniai Allah kekayaan dan harta benda dan kuasa untuk menikmatinya, untuk menerima bahagiannya, dan untuk bersukacita dalam jerih payahnya–juga itupun karunia Allah.

Apakah masih ingin kaya?

Iklan

Satu pemikiran pada “Selasa

  1. Pengkhotbah 5:17-18

    5:17 Lihatlah, yang kuanggap baik dan tepat ialah, kalau orang makan minum dan bersenang-senang dalam segala usaha yang dilakukan dengan jerih payah di bawah matahari selama hidup yang pendek, yang dikaruniakan Allah kepadanya, sebab itulah bahagiannya.
    5-18 Setiap orang yang dikaruniai Allah kekayaan dan harta benda dan kuasa untuk menikmatinya, untuk menerima bahagiannya, dan untuk bersukacita dalam jerih payahnya–juga itupun karunia Allah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s