Hikmat

Pdm Ir Mustika Ranto Gulo (hikmat menjadikan kaya 4)

Hikmat Menjadikan Kaya

APA ITU HIKMAT ?

HIKMAT adalah ‘pola pikir TUHAN’, jadi kalau saudara meminta HIKMAT, berarti anda meminta agar POLA PIKIR TUHAN masuk ke dalam system otak anda. Anda akan memakai cara-cara ALLAH dalam memahami, memilih, menganalisa dan memutuskan apapun, seperti cara ALLAH.

HIKMAT yang diminta oleh Raja SALOMO dari TUHAN yaitu pengetahuan, pengertian dan cara ALLAH memandang segala sesuatu. Agar Raja SALOMO mendapatkan HIKMAT TUHAN ia masuk ke dalam areanya TUHAN. DIA yakin bahwa pengetahuan itu ada dalam rumah Bapa di sorga. Demikian juga kita meminta hal yang sama kepada DIA sumber segala sumber HIKMAT di dalam Yesus Kristus. Masuklah ke dalam areanya TUHAN artinya harus mengambil keputusan untuk tinggal dalam TUHAN yaitu melayani DIA sepenuhnya. Apakah saudara ingin melayani DIA juga?

Takut akan ALLAH adalah sumber pengetahuan. Amsal 1:7

Takut akan ALLAH, artinya konsisten memuaskan hati ALLAH. Kalau anda takut akan ALLAH berarti anda tetap setia sampai mati, tidak mau menyakiti hatiNya dengan berpaling kepada kesenangan dunia. Berhala dunia modern yaitu cinta UANG merupakan kekejian dimata ALLAH, resikonya anda akan dikenai hukuman berupa kutuk. Namun, jika anda melakukan segala sesuatu dengan berpedoman pada keinginan hati BAPA, maka anda akan memperoleh hikmat baru, pengetahuan demi pengetahuan memenuhi hidup saudara.

Bagaimana cara mengenal hati Bapa?

Berbagai buku saya abaca, bahwa keakraban di dunia ini berawal dari sebuah komunikasi yang terbuka. Demikian juga dengan keakraban kita dengan Sang Bapa, berawal dari komunikasi yang terbuka. Akrab dengan TUHAN, dengan cara bergaul erat dalam budaya  dan cara kerja ALLAH kita.

Sumber Pengetahuan

Di dalam DIA, tidak ada kekurangan jalan keluar apapun, termasuk pengetahuan dan disiplin ilmu apapun. Jadi ketika anda sudah bergaul erat dengan DIA, maka pengetahuan itu pun menjadi milik anda. Mazmur 19, mentakan “AKU akan mengajarkan dan memberitahukan kepada mereka jalan mana yang harus mereka tempuh….”

TUHAN senantiasa memberitahukan jalan apa yang harus anda tempuh dalam menyelesaikan sebuah proyek kehidupan anda. Apakah itu dalam mengurus sebuah perusahaan ataupun menjadi kepala rumah tangga, atau menjadi ibu bagi seorang anak yang cacat dan melelahkan. Hikmat Tuhan akan tinggal bersama-sama dengan anda. Tanda-tandanya adalah ketika dunia menganggap sesuatu masalah merupakan kerugian, namun dalam pandangan HIKAMT TUHAN, masalah itu justru membuat anda menang. Dulu, beberapa orang bertindak tidak menguntungkan dan dianggap merugikan anda, namun sekarang sudah berbeda cara pandang anda terhadap mereka, justru cara mereka itu telah telah menjadi sebuah keuntungan bagi diri saudara. Memang sulit sekali memahami hali ini, kalau tidak disertai dengan rasa percaya diri, rendah hati dan penuh dengan ucapan syukur kepada ALLAH.

HIKMAT seperti inilah yang dicari dan diminta oleh Raja Salomo selama hidupnya. Cara pandang yang berbeda dan sangat unik. Menyenangkan dan menguntungkan banyak pihak yang pro kebenaran. Mintalah hikmat itu sekarang dan anda segera berubah. Contohnya adalah ketika hati saudara penuh dengan kebencian dan dendam kepada seseorang. Tiba-tiba saudara berteriak minta tolong kepada BAPA mengatakan “TUHAN, Bapa yang baik, berikan aku hikmatMu untuk mengampuni orang ini, hapuskan dendam dan sakit hatiku dengan darahMu yang suci itu, sekarang aku mengasihi dia”. Roh Kudus memateraikan teriakan minta tolong anda itu di hadapan BAPA, dan anda sudah menjadi pemenang. Ketika bertemu dengan orang tersebut pun akan terheran-heran melihat suatu perubahan besar dalam diri suadara. Nama ALLAH kita dimuliakan atas perdamaian dalam dunia ini. ALLAH kita dalam YESUS KRISTUS menghendaki damai sejahtera bukan peperangan dan kebencian.

Hikmat Menjadikan Kaya, sangat beralasan sebagai prinsip hidup dalam dunia ini. Apakah saudara menjalankan bisnis multinasional sekalipun, atau anda menjadi pekerja di sebuah yayasan social. Tetap dibutuhkan cara ALLAH untuk mengelolanya, bukan dengan cara hikmat dunia.

HIKMAT ADALAH ASET YANG TIDAK BISA DICURI OLEH SIAPAPUN. Hikmat Tuhanlah yang membuat anda beruntung dan mendapatkan profit yang berlipat ganda. Beberapa pakar dan ahli bom nuklir hilang begitu saja, mereka disinyalir dibunuh karena ilmu mereka sangat menggoda untuk nilai yang mahal selain itu sangat membahayakan. Ilmu mereka ternyata bisa dicuri, disalin dan ditiru, namun Hikmat Tuhan, tidak bisa diambil dari hidup saudara, pengetahuan itu tetap melekat pada diri anda sendiri.

Baca lanjutan pada sambungan kedua …..(Hikmat Menjadikan Kaya 4.2)

Iklan

8 pemikiran pada “Hikmat

  1. saya baru kena tipu 1jt, sekarang saya tidak tau harus ngapain..
    saya hanya anak yang meraantau dan masih bergantung pada orangtua,
    yang ada dalam pikiran saya saat ini hanyalah lebih dekat lagi kepada Tuhan ..
    sbab saya yakin Tuhan pasti tau yang terbaik untuk hidupku.
    hanya menjadikan ini sebagai pembelajaran buat saya untuk lebih bersyukur lagi menjalani hidup ini.
    saya memohon dan meminta agar di doakan supaya saya bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan bisa dikuatkan dalam Tuhan agar saya bisa bersama-sama dengan umat pilihan-Nya pada saat kedatangan-Nya yang kedua kali .. AMIN

    • Banyak bersabar dan jadikanlah peristiwa ini sebagai pelajaran yg berhrga. Tuhan Yesus memahami kesulitanmu, dan IA segera buka jalan untukmu, berserah padanya dan ampunilah orang yg menipumu itu. Berdoa untuknya agar ada Roh pertobatan untuknya…..

  2. doakanlah aq selalu agar kuat menghadapi semua kenyataan ne.
    karena di kecewakan,dihianati oleh pacar aq sendiri.
    tlg bantu aq dlm doa.
    trims

    gbu

  3. Tuhanlah yg mempunyai hikmat, pengertian dan pewahyuan. terkadang Tuhan banyak memberikan kita teka teki untuk keluar dari zona bahaya menjadi zona yg aman dalam LindunganNya.mintalah hikmat, pengertian dari Nya makan Dia akan memberikannya kepadamu.

  4. Amsal 2:6 berisi: Karena Tuhanlah yang memberikan hikmat, dari mulut-Nya datang pengetahuan dan kepandaian.

    Maka bagi kita yang mau menerima hikmat Tuhan, firman Tuhan dalam Matius 7:7. “Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.

    Oleh sebab itu jangan ragu untuk meminta hikmat kepada Bapa yang menjadi sumber segala galanya bagi makhluk ciptaannya dan Beliau tdk pelit utk memberikan hikmat itu kpd kita sehingga kita pantas bersyukur mempunyai Bapa seperti Beliau………………Thanks God for everything……

  5. Mengapa Yesus menyuruh pulang seorang muridnya ketika bertanya “Guru aku mau mengikut Engkau”. Yesus menegurnya “Pulanglah dulu dan berdamailah dengan saudaramu itu, lalu ikutlah aku”.
    Ini sumber HIKMAT yang sangat luar biasa, artinya jika saudara mengikut TUHAN dengan berkat kelimpahan, maka anda akan tergoda membalas dendam kepada saudaramu itu sehingga terpuaskanlah hatimu.
    TUHAN kita tahu persis apa yang ada dalam otak kita, sehingga doa kita pun tidak serta merta dijawabnya seketika.

    Amin

    • nantikanlah tuhan dan tetap ikutilah jalan_nya , maka ia akan mengangkat engkau untuk mewarisi negeri , dan engkau akan meliahat orang -orang fasik di lenyapkan .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s