MULIAKAN ALLAH DENGAN TUBUHMU

Refleksi I Korintus 6:12-20

NARASI

Sebelum kita mulai perbincangan ini, saya mau tanya : Apakah perbuatan saudara selalu dikonfirmasi dengan kemuliaan ALLAH?

Ketika saudara sedang duduk dimeja makan, terhidang makanan nasi, sayur dan daging goreng, tersedia sup dan buah2an. Apakah saudara pernah berdoa kepada ALLAH mengatakan “Ya, Tuhan, melalui makanan ini aku memuliakan ENGKAU” ?

Ketika anda berada di diskotik, dengan pernak-pernik suasana malam dan terhidang minum keras, bertanyalah “apakah aku memuliakan TUHAN?

Ketika saudara di tempat panti pijit, tanyakanlah pada dirimu “Tuhan apakah aku memuliakan Engkau dari tempat ini?

Ketika anda sedang mengisap asap rokok dalam-dalam, lalu anda mengatakan “trima kasih Tuhan, dengan asap rokok ini aku memuliakan ENGKAU”. Apakah demikian ?

Saya hanya ingin menggugah anda, benarkah anda mau memuliakan ALLAH dengan tubuhmu?

______________________Pdm. Ir. Mustika Ranto Gulo____________

PENDAHULUAN

Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati. Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna” (Roma 12:1-2)

TUBUH adalah fisik yang utuh terdiri dari bagian-bagian atau organ yang  disebut  makhluk hidup yang bertumbuh dan berakhir dengan kematian. Antropotomi adalah ilmu yang mempelajari tentang anatomi tubuh manusia. Kalau tubuh manusia sudah mati dan menemui ajalnya, disebut mayat yang siap untuk dikubur.

Organ tubuh : Kepala, Leher Badan, Kaki-Tangan, dada, perut dan lain-lain, adalah satu kesatuan untuk memuji ALLAH. Jika bagian-bagian tubuh itu tidak terkoordinasi untuk memuliakan TUHAN, apa jadinya ya ? Yesus Berkata : “Matius 5:27. Kamu telah mendengar firman: Jangan berzinah.
5:28 Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya.
5:29 Maka jika matamu yang kanan menyesatkan engkau, cungkillah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa, dari pada tubuhmu dengan utuh dicampakkan ke dalam neraka.
5:30 Dan jika tanganmu yang kanan menyesatkan engkau, penggallah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa dari pada tubuhmu dengan utuh masuk neraka.”

Tubuh membutuhkan makanan dan minuman. Tubuh (fisik) yang sehat tetapi tanpa bermoral sama dengan makhluk hidup lainnya yang disebut binatang. Tubuh yang mengenal ALLAH disebut manusia yang seati, sebab manusia   menurut ALKITAB adalah makhluk ilahi, yang diciptakan oleh tangan ALLAH sendiri. Manusia yang diciptakan itu memiliki kewajiban kepada penciptanya, yaitu :

  1. Merawat TUBUH itu supaya tetap sehat
  2. Menjaga TUBUH itu tetap suci dan tidak bercacat cela.

Ad.1. Merawat TUBUH itu supaya tetap sehat dan kuat.

Tubuh harus sehat dan dirawat, Motto Olah Raga MENSANO INCOPORESANO : “dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat”. Bayangkan saja, umur tokoh-tokoh Alkitab sampai 900 tahun misalnya  NUH, dan beberapa orang lainnya yang berusia sangat panjang. Mereka benar-benar menjaga hidupnya dengan memakan biji-bijian saja. Manusia bertanggung jawab merawat tubuhnya supaya memuliakan ALLAH.

MENGENAI TUBUH & MAKANAN

Tubuh manusia membutuhkan makanan agar tetap sehat dan hidup. Rantai makanan memiliki peran yang penting dalam pertumbuhan jaringan tubuh. Makanan yang sehat menjadikan tubuh yang sehat pula. Ada makanan yang dilarang dan ada makanan yang dihalalkan. Tujuannya adalah agar manusia dapat mengendalikan nafsu makannya terhadap makanan yang berbahaya bagi tubuh. Namun, Paulus menyatakan semua itu tidak penting baginya. Soal makanan tidak dapat menggantikan posisi iman manusia terhadap Tuhan. Tetapi yang terpenting adalah “apakah makanan itu berguna bagi bertumbuhnya tubuh yang sehat atau tidak?”.

BAHAN ANALISA KITA adalah I KORINTUS 6:12-20, mari kita mulai dari Ayat 12. Segala sesuatu halal bagiku, tetapi bukan semuanya berguna. Segala sesuatu halal bagiku, tetapi aku tidak membiarkan diriku diperhamba oleh suatu apapun.

Jika tubuh sehat tentu ALLAH senang,  ALLAH mau berada disana, tetapi tubuh yang sakit-sakitan misalnya karena NARKOBA; apakah ALLAH mau tinggal untuk mendiaminya? Allah memilih tubuh mereka yang berkomitmen menjaga kekudusan hidup. ALLAH menggunakan tubuh manusia sebagai  “MEDIA UNTUK BERKARYA”.

Apakah saudara rela menjadi media bagi ALLAH? Jika itu terjadi, maka hidup manusia itu telah menuju kesempurnaan. Saudara, kalau prinsip saya, saya mau dan sangat senang!  oleh karena itu aku  jaga tubuhku, tidak merusaknya dengan perbuatan yang tidak baik,  tidak menodainya dan tidak nya dengan perbuatan yang hina.

Mempersoalkan makanan haram dan halal, hanya menimbulkan debat yang panjang. Apakah  makanan halal  mampu membuat manusia layak dihadapan ALLAH?

Saudara-saudara target Paulus sama sekali tidak bermaksud memberi kelonggaran untuk menafsirkan haram dan halal suatu makanan. Sesungguhnya harapan PAULUS adalah bukan apa yang kita makan dan minum yang membawa kita kepada RUANG MAHA KUDUSNYA ALLAH KITA. sebab ayat 13:  Makanan adalah untuk perut dan perut untuk makanan: tetapi kedua-duanya akan dibinasakan Allah. Tetapi tubuh bukanlah untuk percabulan, melainkan untuk Tuhan, dan Tuhan untuk tubuh.

Urusan makanan dan perut tidaklah kekal, tidak begitu penting untuk dibahas oleh Paulus. Perut berurusan dengan makanan, bukan urusan jiwa dan roh. Sekalipun apa yang masuk dalam perut bisa membunuh tubuh, tetapi tetap tidak bisa menyelamatkan jiwa juga.  

TUBUH kita menjadi tempat bersemayamnya Kristus Yesus, yang mengutus ROH KUDUS untuk menjadi Penolong bagi manusia. ROH KUDUS tinggal dalam HIDUP MANUSIA yang hidupnya bersih….! yaitu di dalam hidup saya dan saudara. Kalau ALLAH ada dalam kita, siapakah lawan kita? Apa lagi yang kita takutkan? Apa yang menjadi kekuatiran kita? Untuk apa lagi kita mencari popularitas seperti yang dicari orang-orang yang durjana? Saudara, di dalam DIA ada kepenuhan hidup yang sejati.

Jadi, urusan makanan halal atau haram hanya sebatas pengendalian nafsu dan pemenuhan keinginan manusia.  Ukuran yang diapakai dalam memberi nilai makanan adalah : berguna atau tidak berguna. “Artinya….. Tubuh harus dijaga dari makanan yang tak berguna itu …, jangan memakan bahan yang mengakibatkan tubuh itu hancur….”

Sebab TUHAN menjadikan “TUBUH KITA SEBAGAI MEDIA, yaitu tempat ALLAH bersemayam, itulah BAIT ALLAH YANG SESUNGGUHNYA”. Dalam ayat 14 Allah, yang membangkitkan Tuhan, akan membangkitkan kita juga oleh kuasa-Nya.

Paulus bermaksud bahwa TUBUH TUHAN YESUS dibangkitkan dengan sempurna, tubuh yang mati bukan karena salah makanan, bukan karena usia, bukan karena kesalahan, tetapi IA mati karena penyiksaan, disalibkan tanpa salah kita.

Kalau saya tanya : berapa banyak diantara saudara kita yang sudah mati karena sakit yang mengkomsumsi makanan yg tidak berguna?” Penyakit bersarang dalam tubuh kita disebabkan oleh  bahan yang enak tapi tidak berguna. Misalnya daging dan lemak yang mengandung kolesterol yang tinggi ataupun meminum alkohol. 

ad. 2. Menjaga TUBUH itu tetap suci dan tidak bercacat cela

Banyak cara memuliakan TUHAN, ditemukan berbagai macam ritual dalam perjanjian lama, contohnya korban bakaran yang disarankan dalam IMAMAT. Sejalan dengan waktu ditemukan cara lain (coba ingat kalimat lain berkata) muliakan Tuhan dengan hasil pertama dari ladangmu. Kemudian bergeser nilai hasil ladang karena perkembangan budaya yaitu persembahan dalam bentuk uang atau pun harta benda lainnya yang dianggap setara dengan korban sembelihan. Semua itu menjadi media untuk memuliakan dan menyenangkan hati  TUHAN. Jadi, lembu dan domba yang dijadikan sebagai media korban persembahan kepada ALLAH berhenti sampai dengan kelahiran Yesus.

MENGENAI TUBUH DAN PERBUATAN

Jagalah tubuhmu …: “Ayat 15 Tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah anggota Kristus? Akan kuambilkah anggota Kristus untuk menyerahkannya kepada percabulan? Sekali-kali tidak!”

Paulus menekankan bahwa “SAYA DAN SAUDARA adalah anggota tubuh Kristus. Tidak mungkin diserahkan kepada percabulan dan perbuatan nazis lainnya. Sebab TUHAN YESUS  itu suci dan kudus adanya. Jangan terlalu mudah untuk tergoda dengan kesenangan di dunia ini, kesenangan sesaat bisa anda nikmati tetapi akibatnya sampai akhir hayat. Toleransi dalam budaya kita sangat tinggi, bahkan poligami, korupsi dan pelanggaran etika lainnya masih bisa bermain mata dan gereja tidak mengambil tindakan kepada para pelaku.

Namun, saudara-saudara saya harapkan tetap pada pendirian kita sebagai PELAKU FIRMAN agar : EFESUS 5:6 Janganlah kamu disesatkan orang dengan kata-kata yang hampa, karena hal-hal yang demikian mendatangkan murka Allah atas orang-orang durhaka.
5:7 Sebab itu janganlah kamu berkawan dengan mereka.
5:8 Memang dahulu kamu adalah kegelapan, tetapi sekarang kamu adalah terang di dalam Tuhan. Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang,
5:9 karena terang hanya berbuahkan kebaikan dan keadilan dan kebenaran,
5:10 dan ujilah apa yang berkenan kepada Tuhan.
5:11 Janganlah turut mengambil bagian dalam perbuatan-perbuatan kegelapan yang tidak berbuahkan apa-apa, tetapi sebaliknya telanjangilah perbuatan-perbuatan itu.
5:12 Sebab menyebutkan sajapun apa yang dibuat oleh mereka di tempat-tempat yang tersembunyi telah memalukan.
5:13 Tetapi segala sesuatu yang sudah ditelanjangi oleh terang itu menjadi nampak, sebab semua yang nampak adalah terang.
5:14 Itulah sebabnya dikatakan: “Bangunlah, hai kamu yang tidur dan bangkitlah dari antara orang mati dan Kristus akan bercahaya atas kamu.”
5:15 Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif,
5:16 dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat.
5:17 Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan.
5:18 Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh,
5:19 dan berkata-katalah seorang kepada yang lain dalam mazmur, kidung puji-pujian dan nyanyian rohani. Bernyanyi dan bersoraklah bagi Tuhan dengan segenap hati.
5:20 Ucaplah syukur senantiasa atas segala sesuatu dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus kepada Allah dan Bapa kita
5:21. dan rendahkanlah dirimu seorang kepada yang lain di dalam takut akan Kristus.

TUBUH MANUSIA SEBAGAI KORBAN KEPADA ALLAH?

Tubuh manusia belum pernah dipersembahkan menjadi korban bakaran kepada ALLAH, kecuali cerita ISHAK, itupun tidak terjadi, karena ALLAH menggantikan persembahan korban bakaran itu dengan seekor anak lembu jantan tersangkut dipohon.

Ternyata semua korban bakaran  itu tidak mampu menguduskan hidup manusia agar bisa berkenan atau melihat ALLAH. Kemudian ALLAH melarang manusia dengan mengharamkan beberapa jenis makanan melalui peraturan di era MUSA. Itu juga tidak mampu membuat manusia menjadi KUDUS, agar bisa berkenan dan melihat WAJAH ALLAH. Manusia berusaha berbuat amal baik dan menolong sesama, ternyata tindakan itupun tidak menyelamatkan manusia dari hukuman dosa. Hubungan manusia dengan ALLAH putus dan manusia dalam bahaya yang sangat fatal, dibinasakan!

YESUS datang dan menjadi korban sulung yang berkenan kepada ALLAH. IA mati untuk mendamaikan kita dengan ALLAH BAPA. Darahnya tertumpah di atas mezbah dan tubuhnya hancur demi menyucikan dosa saya dan saudara juga. IA menderita dan akhirnya mati, darahNya tertumpah agar tubuh kita yang hina dina itu menjadi suci dan bersih dihadapan ALLAH. Sejak itu semua pengikut KRISTUS menyucikan diri dari perbuatan DOSA yang membinasakan manusia.

Sekarang TUBUH MANUSIA dituntut menjadi media yang dipakai ALLAH untuk menyatakan diriNya. TUBUH MANUSIA disebutnya sebagai BAIT SUCI,  RUMAH TUHAN, atau GEREJA yang sesungguhnya. Apakah tubuh saudara sudah siap menjadi BAIT ALLAH ?

Kenajisan adalah hidup yang penuh dengan aib dan kehinaan. Perbuatan yang tersembunyi yang tidak diketahui manusia tetapi ALLAH tahu dari sorga. Allah tidak mau tinggal ditempat yang bau, cemar dan hina. Media yang kotor dan penuh dengan kelaliman. Jika tubuh kita tidak bersih dari kecemaran, apa alasan kita meminta banyak hal dalam doa-doa kita?

Apa efeknya jika TUHAN tidak mau tinggal di dalam kita ?

Lihat Yohanes 15:7  (Silahkan Baca) bahwa Allah mau tinggal di dalam kita dan kita tinggal di dalam DIA. MANUSIA DAN ALLAH DALAM SATU WADAH YANG AJAIB. Dengan demikian doa-doa kita langsung IA terima dan jadilah menurut kehendakNya.

KENAJISAN TIDAK AKAN DITOLERIR, karena ALLAH bermaksud baik mau tinggal dalam tubuh manusia maka manusia dituntut agar tetap bersih, suci dan kudus.

TERIKAT ATAU DIIKAT ?

Saudara, anda bisa diikat oleh perbuatan percabulan (ZINAH) dengan pasangan zinah tersbut. Karena perbuatan ini merupakan persekutuan tubuh antara dua TUBUH dengan pribadi. Dalam ayat 16 Atau tidak tahukah kamu, bahwa siapa yang mengikatkan dirinya pada perempuan cabul, menjadi satu tubuh dengan dia? Sebab, demikianlah kata nas: “Keduanya akan menjadi satu daging.” sebagai bukti bagi kita  bahwa dosa percabulan mengikat kita dengan pasangan cabul dan menjadi lepas dari ikatan dengan ALLAH. Dosa PERCABULAN diistimewakan nilainya, lebih tinggi, sangat fatal dibandingkan dengan dosa lainnya karena (sekali lagi saya tegaskan) perzinahan adalah persekutuan dengan pasangan cabulnya.

Hari ini, ALLAH begitu murah hati, IA bersedia menerima kehadiran kita dihadapnNya, ALLAH masih terbuka untuk mengikat perjanjian kit denganNya dan menjadi satu di dalam TUBUH kita denganNya, dalam ayat  17 Tetapi siapa yang mengikatkan dirinya pada Tuhan, menjadi satu roh dengan Dia. Larilah ke arah TUHAN , ikatkan dirimu sekarang kepada TUHAN, DIA  harapan kita yang KOKOH, yang tidak mungkin GOYAH. Ingat, jauhilah dosa dan sucilah hidupmu. 18 Jauhkanlah dirimu dari percabulan! Setiap dosa lain yang dilakukan manusia, terjadi di luar dirinya. Tetapi orang yang melakukan percabulan berdosa terhadap dirinya sendiri.

PUNCAK KEPERCAYAAN KRISTEN KEPADA YESUS adalah persekutuan dengan ALLAH itu sendiri. Persekutuan terjadi karena terikat dua pribai menjadi satu (Rahasia besar). Tubuh kita yang tidak bercacat cela, menjadi tempat ALLAH kita berkarya. Perhatikan ayat 19 Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, –dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? Akan nyata dalam perbuatan dan sifat manusia dalam kehidupan sehari-hari.

KUDUSLAH KAMU KARENA AKU KUDUS

Dengan demikian Tubuh yg dipengarui oleh Makanan dan Perbuatan, adalah target ALLAH dalam merekonstruksi kembali kehidupan kita. Ada sebuah pemahaman baru untuk meretorasi kristen sejati. Yaitu “MULIAKANLAH ALLAH DENGAN TUBUHMU YANG SUCI”

INGAT bahwa kita sudah dibayar LUNAS dari kematian yang kekal, dari aib yang hina, oleh karena itu :  ayat 20 berkata :  Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!

Bagaikan sampah yang hendak dibuang, tidak berguna, dipungut oleh para pemulung dan sejak itu telah menjadi miliknya (iblis). Tiba-tiba TUHAN YESUS datang dan mengejar jiwa yang sudah menjadi milik para pemulung itu. Pemulung tidak mau melepaskan dengan begitu saja, karena menganggap bahwa sampah adalah miliknya;  lalu YESUS bertindak cepat, hari ini IA membayar dengan LUNAS, IA membeli sampah itu dan dibersihkannya sampai benar-benar suci, digosoknya dengan darahnya hingga berkilau, bercahaya dan dipulihkannya dengan kasih sayang. Ia tinggal di dalam tubuh itu dan  menjadi sangat berharga kembali.

 Mengapa saya dan saudara berharga kembali? Karena TUHAN sudah membayar dengan harga yang sangat mahal…anda dan saya sudah dibeli LUNAS tanpa ada lagi utang kepada iblis,  yang kerjanya meneror anda, mendakwa dan menuduh saudara.

Datanglah hari ini kepada TUAHN YESUS, tanganNya terbuka untuk saya dan saudara. Minta pengudusan dan penyucian yang sempurna. Akuilah ia dalam lakumu, IA berkenan sekarang, mohon ampun dan bersujudlah dikakinya, peluklah dengan kuat.

Ini karya Illahi yang maha tinggi dan ajaib, tidak bisa diselami oleh orang yang menolak ALLAH.

Sekarang saudara sudah ditebusNYA dan muliakanlah IA dengan tubuhmu tanpa bercacat cela.

Amin

Iklan

6 pemikiran pada “MULIAKAN ALLAH DENGAN TUBUHMU

  1. Shallom,penulisan anda sgt membangun kan. Sesungguhnya penuh dgn teguran dn kata nasihat yg berguna. Semoga Tuha Allah kita yang hidup memberkati anda dn keluarga anda.

  2. Gereja pada umumnya cukup tenang pada subjek kerakusan, yang mengapa orang Kristen dapat “lolos” makan terlalu banyak dan makan makanan sehat. If gluttony were preached against as often as adultery, there would be a lot more pressure on folks to get some control over that area of their lives. Jika kerakusan yang berkhotbah melawan sesering perzinahan, akan ada tekanan lebih banyak pada orang untuk mendapatkan kontrol atas area kehidupan mereka. But in the churches I’ve attended, eating has been a part of nearly every function, whether it’s mealtime or not, and the teachers have fed the children cookies, candy and crackers loaded with fat, sugar, flour stripped of its nutrition, and artificial colors and flavors morning, noon, and night. Tapi di gereja-gereja yang saya hadiri, makan telah menjadi bagian dari hampir setiap fungsi, apakah makan itu atau tidak, dan guru telah memberi makan anak cookie, permen dan biskuit sarat dengan lemak, gula, tepung dilucuti gizi, dan buatan warna dan rasa pagi, siang, dan malam.

  3. Dalam bab yang lebih awal dalam surat ini (Roma 12-13), Paulus telah mengemukakan prinsip-prinsip utama untuk tingkah laku Kristen, baik di dalam masyarakat gereja maupun hubungan manusia yang lebih luas. Dalam persekutuan itu, kita harus lebih mementingkan orang lain daripada diri kita sendiri (Roma 12:3, 10). Dalam masyarakat yang lebih luas, kita harus membalas kejahatan dengan kebaikan (Roma 12:14) dan dengan demikian mengalahkan kejahatan itu (Roma 12:21). Kedua “prinsip” tingkah laku Kristen ini didasari oleh prinsip yang paling utarna, “Kasih tidak berbuat jahat terhadap sesama manusia, karena ltu kasih adalah kegenapan Hukum Taurat” (Roma 13:10).

  4. TENTANG MAKANAN MENURUT PAULUS :
    * Roma 14:13-23 Jangan memberi batu sandungan
    14:13 Karena itu janganlah kita saling menghakimi lagi! Tetapi lebih baik kamu menganut pandangan ini: Jangan kita membuat saudara kita jatuh atau tersandung!
    14:14 Aku tahu dan yakin dalam Tuhan Yesus, bahwa tidak ada sesuatu yang najis dari dirinya sendiri. Hanya bagi orang yang beranggapan, bahwa sesuatu adalah najis, bagi orang itulah sesuatu itu najis.
    14:15 Sebab jika engkau menyakiti hati saudaramu oleh karena sesuatu yang engkau makan, maka engkau tidak hidup lagi menurut tuntutan kasih. Janganlah engkau membinasakan saudaramu oleh karena makananmu, karena Kristus telah mati untuk dia.
    14:16 Apa yang baik, yang kamu miliki, janganlah kamu biarkan difitnah.
    14:17 Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus.
    14:18 Karena barangsiapa melayani Kristus dengan cara ini, ia berkenan pada Allah dan dihormati oleh manusia.
    14:19 Sebab itu marilah kita mengejar apa yang mendatangkan damai sejahtera dan yang berguna untuk saling membangun.
    14:20 Janganlah engkau merusakkan pekerjaan Allah oleh karena makanan! Segala sesuatu adalah suci, tetapi celakalah orang, jika oleh makanannya orang lain tersandung!
    14:21 Baiklah engkau jangan makan daging atau minum anggur, atau sesuatu yang menjadi batu sandungan untuk saudaramu.
    14:22 Berpeganglah pada keyakinan yang engkau miliki itu, bagi dirimu sendiri di hadapan Allah. Berbahagialah dia, yang tidak menghukum dirinya sendiri dalam apa yang dianggapnya baik untuk dilakukan.
    14:23 Tetapi barangsiapa yang bimbang, kalau ia makan, ia telah dihukum, karena ia tidak melakukannya berdasarkan iman. Dan segala sesuatu yang tidak berdasarkan iman, adalah dosa.

  5. PENDAHULUAN
    BAB I. MERAWAT TUBUH ADALAH AMANAH
    I.1. MAKAN SEHAT & BERGUNA
    I.2. LARANGAN TENTANG MAKANAN
    I.3. RESIKO-RESIKO BAGI TUBUH

    BAB II. PERBUATAN TUBUH YANG SUCI
    II.1. PERBUATAN CABUL & ZINAN
    II.2. MEDIA YANG DIPAKAI ALLAH UNTUK BERKARYA
    II.3. TUBUH YANG MENYATU DENGAN ALLAH

    BAB III. KESIMPULAN
    III.1. APA YANG MASUK KE DALAM TUBUH, BERGUNA?
    III.2. APA YNG KELUAR DARI TUBUH MEMULIAKAN ALLAH?
    III.3. TUBUH YANG KOTOR DAN HINA SUDAH DIBAYAR LUNAS

  6. I KORINTUS 6
    Ayat 12. Segala sesuatu halal bagiku, tetapi bukan semuanya berguna. Segala sesuatu halal bagiku, tetapi aku tidak membiarkan diriku diperhamba oleh suatu apapun.
    6:13 Makanan adalah untuk perut dan perut untuk makanan: tetapi kedua-duanya akan dibinasakan Allah. Tetapi tubuh bukanlah untuk percabulan, melainkan untuk Tuhan, dan Tuhan untuk tubuh.
    6:14 Allah, yang membangkitkan Tuhan, akan membangkitkan kita juga oleh kuasa-Nya.
    6:15 Tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah anggota Kristus? Akan kuambilkah anggota Kristus untuk menyerahkannya kepada percabulan? Sekali-kali tidak!
    6:16 Atau tidak tahukah kamu, bahwa siapa yang mengikatkan dirinya pada perempuan cabul, menjadi satu tubuh dengan dia? Sebab, demikianlah kata nas: “Keduanya akan menjadi satu daging.”
    6:17 Tetapi siapa yang mengikatkan dirinya pada Tuhan, menjadi satu roh dengan Dia.
    6:18 Jauhkanlah dirimu dari percabulan! Setiap dosa lain yang dilakukan manusia, terjadi di luar dirinya. Tetapi orang yang melakukan percabulan berdosa terhadap dirinya sendiri.
    6:19 Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, –dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?
    6:20 Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s