KEJATUHAN & KEBANGKRUTAN

Kenal Raja Salomo ?

Kekayaan SALOMO tak terhitung, bahkan belum ada yang menyamai kekayaannya menurut cerita ALkitab. Luar biasa kayanya SALOMO, sehingga raja-raja disekitar negerinya pun datang membawa upeti tanda persahabatan dengannya.

KAYA TAPI HATINYA BERBALIK MELAWAN ALLAH

Kekayaan Salomo dikenal secara luas. Kunjungan Ratu Syeba (1 Raja 10:1-13) menandai peritiwa ini, selain tujuan persahabatan di dalamnya juga ada tujuan diplomasi perdagangan. Penguasaan Raja Salomo atas jalur-jalur perdagangan di selatan dan strateginya mengambil hati masyaakat diperbatasan bisa menjadi ancaman bagi kokohnya negeri Syeba. Kunjungan ratu itu sangat berhasil, rela membagi keuntungannya  bisnis dengan raja Salomo, seperti yang juga dilakukan raja-raja Arab lainnya (1 Raja 10:13-15).

Tetapi Salomo Jatuh

Salomo mencintai banyak perempuan asing, sehingga hatinya condong kepada mereka. Salomo melanggar Firman Allah, “Janganlah kamu bergaul dengan mereka. sesungguhnya mereka akan mencondongkan hatimu kepada allah-allah mereka” (1 Raja 11:2 ). Larangan ini berkaitan dengan bahayanya pengaruh dari mereka untuk membawa Salomo berpaling dari Allah Israel, dan kemudian ikut menyembah ilah-ilah mereka, bukan karena rasisme.

Salomo gagal dan berdosa kepada Allah, karena ia mengikuti illah para isteri-isterinya yang memintanya agar membangun bukit-bukit pengorbanan bagi illah-illah mereka. Hal itu merupakan kejijikan di mata Allah,  sehingga Tuhan membangkitkan lawan-lawan Salomo dan terjadilah perang, kejatuhan dan kebangkrutan usaha Salomo itu.

Hukumannya luar biasa,  ia mewarisi bibit-bibit perpecahan dan kemerosotan kerajaan itu setelah ia mati. Salomo meninggal pada tahun 992 sM, dan  Kerajaan Israel pecah menjadi 2 bagian : Kerajaan Israel (utara) dengan ibukota Samaria dan Kerajaan Yehuda dengan ibukota Yerusalem.

Kisah ini mungkin sangat dekat dengan pengalaman kita. Kisah Salomo adalah pelajaran yang berharga bagi siapapun. Mungkin ada yang bertanya, mengapa saya hancur, pada hal dulu sangat jaya. Coba lihat kembali kebelakang mungkin saja ada kesalahan yang fatal dan harus dibayar sekarang. Ingat, bahwa seorang Raja yang dikenal sangat bijaksana itu pun bisa juga melakukan kesalahan. Hikmatnya bisa dicondongkan menyembah ilah-ilah lain akibat dia bergaul dengan perempuan-perempuan asing yang tidak menyembah Allah.

Salomo Jatuh, Tetapi Dikasihi Allah.

Saya tidak membayangkan betapa hancurnya hati seorang Raja yang pernah berjaya dalam kurun waktu yang cukup lama. Bahkan memiliki prestasi yang gemilang dalam pelayanannya, yaitu seorang yang pernah membangun RUMAH ALLAH (gereja) yang tiada bandingnya. Salomo hancur dan bangkrut, namun ALLAH tetap mengasihi dia, bahkan keturunannya.  Dalam 2 Samuel
7:14 Aku akan menjadi Bapanya, dan ia akan menjadi anak-Ku. Apabila ia melakukan kesalahan, maka Aku akan menghukum dia dengan rotan yang dipakai orang dan dengan pukulan yang diberikan anak-anak manusia. 7:15 Tetapi kasih setia-Ku tidak akan hilang dari padanya, seperti yang Kuhilangkan dari pada Saul, yang telah Kujauhkan dari hadapanmu.

Belajar menerima konsekwensi dari setiap kesalahan, itulah kebesaran ALLAH kita. IA sangat adil dan berkuasa atas segala apapun yang ada pada kita. Namun meskipun Salomo telah jatuh dalam dosa, ALLAH tetap mengasihi dia. Kesalahan fatal yang ia lakukan, mendapat penghukuman dan konsekwensi kerajaannya pecah dan kekayaanya habis ludes. Namun, Allah selalu menepati janjiNya bahwa kasih-setiaNya tidak akan hilang. Allah sangat bijaksana,  IA tentu akan memberikan jalan baginya untuk kembali dan bertobat. Dalam ceritera tradisi Yahudi mengatakan bahwa Salomo mati di masa tuanya, ketika ia sedang beribadah di Bait Allah yang dibangunnya. Sebagai bukti bahwa ia pun tetap menikmati kasih Allah sampai akhir hayatnya.

Salam

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s