Manusia Antisipatif

Apa itu manusia antisipatif ? yaitu manusia yang selalu “over protection” pada dirinya. Pengalaman hidup yang penuh dengan persaingan, mengakibatkan manusia sangat antisipatif terhadap aktifitas dilingkungannya.

WASPADA, YES tetapi kalau KWATIR, No!

Terlalu over acting dalam mempersiapkan diri menghadapi segala kemungkinan, “jangan-jangan ada maling, besok makan apa, bagaimana kalau-kalau, tiba2 sakit, makan apa ya besok ?” dan masih banyak pertanyaan yang membuat hidup ini histeris. Ada kalanya sikap ini menguntungkan karena telah mempersiapkan diri menghadapinya namun, tidak membawa kenyamanan selayaknya manusia bebas yang merdeka.

Apa bedanya dengan sikap waspada terhadap bahaya dan godaan ? Kalau kita berjalan, kadang hanya mewaspadai batu besar yang mungkin membuat kita tersandung. Kadang tidak mewaspadai kalau batu kecil juga bisa menyebabkan kita terjungkal dan jatuh dari posisi aman kita.

Sedangkan Antisipatif adalah sikap mencurigai apapun dan akibatnya membuat kita tidak bisa tidur nyenyak. Lingkungan kita seakan-akan tidak bersahabat dan semua akan datang membawa kerugian pada kita. Kalau kita pergi jauh, kadang kita hanya mewaspadai banjir besar, karena banjir kecil masih bisa kita hadapi, namun sikap hidup antisipatif  tidak kenal toleransi. Banjir besar atau banjir kecil, selalu mempersiapkan diri menghadapinya dengan cara yang sangat teliti dan detail. Misalnya cepat2 mempersiapkan perahu karet dan asesoriesnya masuk dalam rangsel kita.

Sikap ini yang membuat kita letih dan berbeban berat. Terlalu mengantisipasi keadaan yang belum tentu kita alami. Banyak teman mengeluh pada saat bisnis mereka mulai runtuh, mereka jatuh dalam stress yang berat dan akhirnya sakit.

Setelah saya telusuri masalahnya, adalah mereka telah lelah karena mengantisipasi apapun yang akan terjadi. KATA KUNCINYA ADALAH “Takut terjadi apa-apa” Kekuatan mereka habis terkuras  untuk melawan bayangan yang belum tentu terjadi.

Bagaimana dengan anda ? berikan tanggapan dalam diskusi ini untuk menolong saudara-saudara kita yang butuh masukan dalam menghadapi masa depan !

Apa pendapat anda ?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s