PEKERJAAN ROH KUDUS DALAM YOHANES 14 -16

PENDAHULUAN

Percakapan Yesus dengan murid-muridNya setelah IA bangkit dari kubur dan pertama sekali IA menampakan diri kepada Thomas dan menyusul kepada murid lainnya. Pesan-pesan terakhir ini telah menunjukkan empatyNya kepada murid-muridNya dan sekaligus menguatkan mereka. Sebab IA segera kembali kepada BAPA di surga dan meninggalkan dunia ini sehingga  para murid itu gundah gulana.

PEKERJAAN ROH KUDUS adalah sebagai penolong, bentuknya bukan manusia.

Untuk menguatkan murid-muridNya maka Yesus berjanji baca :

Yohanes 14:16 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, 14:17 yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.

Konteks ayat ini menjelaskan siapa Roh Kudus dan apa hubungannya dengan Yesus dan Allah Bapa. Roh Kudus bukan manusia, seperti adanya penafsiran lain mengatakan bahwa Isa Almasih telah menjanjikan kehadiran nabi berikutnya. Sedangkan Roh Kudus memiliki posisi yang sama dengan Allah Bapa dan Yesus Kristus, dinyatakan dalam tritunggal yang esa. Roh Kudus berasal dari surga baca Yohanes 16:7. Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu.

Analisis :

1.      Yesus berkata (14:16) Aku akan minta kepada Bapa, berarti Yesus tidak memerintahkan Roh Kudus secara langsung tetapi atas konfirmasi dan kesepakatan bersama dengan memintanya kepada Allah Bapa.

2.      Selanjutnya ”…dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, berarti ALLAH Bapa tidak akan menolak permintaan Yesus itu dan mengutus segera ROH KUDUS untuk menolong manusia.

3.      Kemudian tugas dan tujuannya adalah ”…. supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,”.

Download disini PEKERJAAN ROH KUDUS DALAM YOHANES 14-16.Tugas

Iklan

Satu pemikiran pada “PEKERJAAN ROH KUDUS DALAM YOHANES 14 -16

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s