Gambaran Pekerjaan Iblis Dalam Ayub 1-2

I. PENDAHULUAN ”SIAPA AYUB”

  1. Ayub, tinggal di Tanah Us sebelah Timur (kira-kira daerah  Arab utara), tidak ada bukti bahwa Ayub berasal dari keturunan Israel, tetapi ia seorang yang benar dan takut akan Allah. Penulis Kisah ini, memakai / menggunakan nama ALLAH bangsa Israel. (Ayub 1:1)
  2. Kitab Ayub terdiri dari 42 Pasal, urutan ke 18 dalam Kitab Perjanjian Lama yang menyajikan pembahasan terdalam yang pernah ditulis tentang “rahasia penderitaan orang benar”. Menggambarkan dialog manusia dengan Allah. Ayub 1:21 menunjukkan bahwa Ayub seorang yang intelek dan mengenal Allah yang benar.
  3. Kitab Ayub telah menjadi kesaksian yang penuh dengan dinamika penting dalam “perjalanan iman orang saleh” yang seharusnya tidak harus menderita. Namun, orang saleh tetap saja mengalami penderitaan. Ayub 1:6, Iblis berusaha untuk menghancurkan iman orang saleh, tetapi Allah membuktikan bahwa iman Ayub itu tidak akan berubah sekalipun penderitaannya tiada bandingnya. Akhirnya keteguhan Ayub dalam iman yang sejati kepada Allah “menang” dan iblis itu kalah (diteguhkan dalam Yakobus 5:11)
  4. Ayub 1:22 menunjukkan sebuah nilai iman (sumbangan terhadap tinjauan teologis tentang “faith value high level”) merupakan nilai iman yang sangat tinggi dalam catatan sejarah, sebab  Ayub tidak menyalahkan Allah dan tidak berbuat dosa atas akibat penderitaannya. Telah memberi sumbangan teologis atas seluruh penyataan alkitabiah tentang pokok-pokok penting seperti Allah, umat manusia, penciptaan, Iblis, dosa, kebenaran, penderitaan, keadilan, pertobatan, dan iman.
  5. Telah memberi sumbangan teologis tentang bagaimana hidup berkomunitas, melalui sikap teman-teman Ayub.  Pada akhirnya kitab ini, menjelaskan tentang hukuman kepada teman-teman Ayub karena nasihat mereka tidak membangun iman, malah cenderung menyalahkan dan menuduh Ayub telah berbuat dosa. Baca Ayub 42:7. Setelah TUHAN mengucapkan firman itu kepada Ayub, maka firman TUHAN kepada Elifas, orang Teman: “Murka-Ku menyala terhadap engkau dan terhadap kedua sahabatmu, karena kamu tidak berkata benar tentang Aku seperti hamba-Ku Ayub. 42:8 Oleh sebab itu, ambillah tujuh ekor lembu jantan dan tujuh ekor domba jantan dan pergilah kepada hamba-Ku Ayub, lalu persembahkanlah semuanya itu sebagai korban bakaran untuk dirimu, dan baiklah hamba-Ku Ayub meminta doa untuk kamu, karena hanya permintaannyalah yang akan Kuterima, supaya Aku tidak melakukan aniaya terhadap kamu, sebab kamu tidak berkata benar tentang Aku seperti hamba-Ku Ayub.” 42:9 Maka pergilah Elifas, orang Teman, Bildad, orang Suah, dan Zofar, orang Naama, lalu mereka melakukan seperti apa yang difirmankan TUHAN kepada mereka. Dan TUHAN menerima permintaan Ayub.
  6. Gambaran Pekerjaan Iblis

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s