Arti Kemerdekaan, Merdeka dari Apa ?

Surat Galatia 5:13. Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih.

MERDEKA

Freedom, banyak diartikan orang bahwa merdeka itu adalah kebebasan memilih cara hidup seenaknya.

Pendapat lain juga, mengartikan bahwa merdeka adalah bebas dari kuasa dan kekang orang lain, sebagai contoh bahwa telah terjadi perang melawan segala bentuk penjajahan dibelahan dunia bahkan telah dilawan sejak dunia dijadikan.

Paulus menulis dalam Injil kepada jemaat di Galatia, bahwa orang-orang yang menerima kristus telah merdeka. Merdeka dari apa?

  1. Penjajahan yang sangat tragis adalah penjajahan idiologi yang dilakukan oleh penguasa waktu itu dengan memakai dalih agama. Injil dianggap sebuah ajaran baru yang sesat, sebagaimana kita saat ini sangat menutup diri terhadap ajaran baru. Demikian juga penolakkan terhadap kabar baik itu di jemaat Galatia. Kita harus merdeka dari Idiologi yang mengakibatkan penderitaan umat manusia. Tuhan Yesus mengatakan “marilah padaku yang letih lesu …..”.
  2. Penjajahan fisik, perbudakan dan perdagangan manusia. Perbudakan harus dilawan, manusia harus dihargai karena memiliki hak dan kewajivban yang sama. Penjajahan pada abad sampai 19 adalah penjajahan kolosal antar negara atau bangsa. Kemerdekaan beberapa bangsa dari tangan penjajah diartika sebagai kemenangan umat manusia.
  3. Penjajahan berpikir sering terjadi dibeberapa negara, misalnya masih dilarang berpikir bebas, seperti di Indoensia beberapa buku dibrendel karena dianggap menganggu privasi orang yang lain. Padahal kebebasan berpikir adalah wujud dari misi TUHAN melalui Yesus Kristus.

“Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih”

Percaya kepada Yesus Kristus berarti merdeka dari penjajahan idiologi dan penjajahan berpikir. Termasuk di dalamnya bebas dari penjajahan fisik sebab pada ayat berikutnya berkata :

Galatia 5:14 Sebab seluruh hukum Taurat tercakup dalam satu firman ini, yaitu: “Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri!”

Kalau kita mengasihi manusia sebagai sesama ciptaan TUHAN, kita harus membebaskan mereka (orang lain) dari jajahan kita. Atau sebalikanya jika anda dalam cengkraman seseorang, maka segera lepaskanlah dirimu dari ikatan perhambaan fisik, idiologi dan penindasan berpikir  tersebut.

Beberpa contoh perhambaan / penjajahan modern saat ini terjadi dalam keluarga. Hubungan suami istri yang tidak beres,  dimana istri tunduk kepada suami karena tekanan dan ancaman, bukan karena kasih. Atau sebaliknya suami tunduk dalam kehendak istri karena tekanan ekonomi atau tekanan lainnya.

Hari ini kemerdekaan yang kita dapatkan jangan disalah gunakan untuk memberontak kepada pemerintah, kepada pasangan hidup kita. Jangan menjadi alasan melakukan dosa, bebas berbuat seenaknya. Kemerdekaan yang dimaksudkan oleh Paulus adalah kemerdekaan sejati yaitu disaat saudara menerima YESUS sebagai juru selamat hidupmu, maka mulai hari itu juga anda sudah bebas dari perhambaan dosa.

Mengapa? Ketika anda menerima YESUS sebagai TUHAN, tentu anda harus tunduk dalam kehendakNya. Kehendaknya adalah “KASIH” bukan kebencian dan dendam. Namun anda diminta segera bertobat dan melakukan arti kasih itu kepada semua orang sebagai bentuk kemerdekaan.

Contoh kemerdekaan idiologi “HUKUM TAURAT berkata : mata ganti mata, gigi ganti gigi”. YESUS memberikan kemerdekaan kepada kita dengan berkata “Kasihilah musuhmu, beri dia minum …dst” ..Luar biasa.

Selamat atas kemerdekaan yang anda capai.

Iklan

2 pemikiran pada “Arti Kemerdekaan, Merdeka dari Apa ?

  1. Salam pak Ranto Gulo, yth

    Saya berterimaksih atas artikel ini, saya menjadi lebih memahami Arti KMERDEKAAN> Mhn Duk Doa, saya dalam masalah dgn pasangan hidup, ada sesuatu yg tidak beres, ..artinya ..masih dalam kendali org lain (maaf (mertua), shg saya pun sempat cuek saja terhadap masa depan kel kami, karena saya dianggap tdk sanggup untuk membahagiakan anak mereka.

    Kiranya saya bisa mandiri dan Tuhan membuka jalan bagi saya, mhn doa ..salom pak.

    Petra JL

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s