Hikmat Menjadikan Kaya (3)

Hikmat Menjadi Kaya

Hikmat menjadi Kaya oleh Pdm Ir Mustika Ranto Gulo

RAHASIA TERINDAH MENJADI KAYA

Menemukan PIN (personal Identity Number) adalah rahasia terindah menjadi kaya. Anda akan tahu persis bagaimana cara untuk mencairkan harta karun yang disediakan oleh PEMILIK kepada anda. Pelan-pelan saja, ikuti pola yang sederhana ini  dengan sangat hati-hati, supaya tidak terjadi kesalahan.

Dalam Yohanes 15:7 , YESUS berkata : “Jikalau kamu tinggal di dalam AKU dan FirmanKU tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya”.

Saya memulai dari nats Firman Tuhan ini, sebagai dasar pembahasan buku “Hikmat Menjadikan Kaya” yang sesungguhnya adalah sebagai cikal bakal PIN anda. Mari belajar dari seorang terkaya di dunia ini, yang bernama SALOMO yang tidak pernah meminta kekayaan itu sendiri, tetapi dia hanya meminta Hikmat dari TUHAN. Belum ada yang menyamai kekayaan SALOMO hingga saat ini, tetapi lihat doanya dalam :

Amsal 30 : 8-9 Jauhkanlah dari padaku kecurangan dan kebohongan. Jangan berikan kepadaku kemiskinan atau kekayaan. Biarkanlah aku menikmati makanan yang menjadi bagianku. Supaya, kalau aku kenyang, aku tidak menyangkal-Mu dan berkata: Siapa TUHAN itu? Atau, kalau aku miskin, aku mencuri, dan mencemarkan nama Allahku.

Sekarang anda berada di pintu Gerbang Pertama untuk memasuki  cara “HIDUP BARU” menjadi kaya. Anda harus ‘tinggal di dalam DIA’, Anda harus tahu siapa DIA? Mengapa harus tinggal di dalam DIA? dan Apa resikonya kalau Anda memilih tinggal di dalam DIA?

Ini sebuah tawaran yang sangat terbuka dan bukan paksaan, karena kalimatnya adalah Jikalau kamu tinggal di dalam AKU” artinya masih memiliki peluang untuk anda tolak. Ini sebuah pilihan yang sangat mahal nilainya, tidak diberitahukan kepada yang lain, tetapi hari ini anda dipilih menjadi orang kaya. Jika anda menolaknya maka sia-sialah anda meneruskan bacaan ini sebab anda tidak memiliki peluang apapun lagi, kesempatan emas berlalu begitu saja.

Kata “jikalau” adalah sebab akibat, dan bukan metamorfose tetapi sebuah kepastian yang diikuti dengan kata “maka”. Artinya anda dihadapkan dalam satu pilihan yang akurat, bukan abu-abu, atau sifatnya coba-coba. Kegagalan banyak orang yang membaca buku ini adalah karena mereka lebih cenderung ‘coba-coba’. Jika demikian maka anda akan gagal dan saya sarankan sebaiknya tinggalkan buku ini atau hadiahkan kepada orang lain saja yang lebih layak menjadi kaya.

Tinggal Di Dalam AKU

Artinya ada milyaran manusia yang tinggal diluar DIA, yang tidak pernah mengenal kehendakNya. Secara special hari ini, DIA menghendaki anda pindah alamat menjadi tinggal di dalam DIA. Bagaimana caranya tinggal di dalam DIA, sementara saudara tidak mengenal siapa DIA. Kesempatan inilah yang termahal dalam hidup anda, ketika anda memutuskan untuk pindah dari kehidupan di luar DIA menjadi tinggal di dalam DIA. Anda telah mengambil keputusan terbesar dalam hidup anda, satu tindakan spektakuler untuk tinggal di dalam DIA

Saudara tidak diharuskan melakukan ritual khusus dengan memberikan persembahan berupa sesajen daun sirih dan dupa asap kemenyan dan memakai mantra dengan bahasa khusus. Seperti ritual meminta kekayaan kepada dewa atau roh yang ada di langit, di gunung, di pohon, atau di samudra raya.

YESUS yang menawarkan lebih dulu kepada kita, sebuah pilihan yang sangat unik, sikap kita ‘menerima’ ataupun ‘menolak’ berakibat sangat besar dalam kehidupan kita selanjutnya.

Kali ini anda hanya mengatakan “AKU PERCAYA KEPADA DIA, SEBAGAI SUMBER DARI SEGALA SUMBER KEHIDUPAN, YAITU TUHAN YESUS”. Dan sejak itu anda sudah pindah alamat. Langkah jitu ini sangat berpengaruh dalam kehidupan anda kemudian. Semua identitas anda sudah berganti, semisal KTP dan alamat anda sekarang sudah berbeda. Tetangga dan komunitas anda sekarang sudah berbeda karena anda tinggal di dalam TUHAN. Mungkin dulu, sudah berkali-kali anda melakukan pengakuaan iman bahwa DIA adalah TUHAN, namun hari ini esensinya berbeda, sebab hari ini ada tindakan yang konkrit untuk kehidupan anda selanjutnya.

Hari ini, anda telah memilih DIA dan pastikan anda tidak salah pilih. YESUS berkata :  “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak  ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku (Yoh 15 : 6)“ Jadi, anda sudah memilih jalan yang tepat sehingga kemana pun anda dibawa kemudian tidak akan dikecewakan.

Tidak perlu meragukan siapa DIA, namun saya sarankan anda berburu informasi tentang ‘siapa DIA’. Saya percaya kepada DIA, sejak saya mengetahui bahwa DIA adalah penguasa sejati. Yesus berkata “….kepadaKu telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi (Mat 28 : 18)”. Berarti DIA adalah PENGUASA tunggal atas jagat raya ini, karena IA berkata “segala” berarti tanpa sisa apapun untuk dikuasai oleh pribadi yang lain.

Hari ini kepadaNyalah anda percaya dan menyerahkan segala kehidupan anda yang dulu. Kini DIA menebus, menguduskan dan melayakkan anda menjadi anakNya untuk dipindahkan ke alamat yang baru. Sekarang tinggal di dalam Dia dengan penuh kasih sayangNYA . Sekarang anda sudah berada di dalam DIA, berarti pola hidup anda adalah pola hidup YESUS. Sebagai anggota baru dalam keluarga, kita harus belajar tata karma dan beberapa kebiasaan dalam lingkungan baru itu. “Yohanes 14:23 Jawab Yesus: “Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia. Kita memilih DIA karena kita mencintai dan mengasihi DIA.

Perubahan Besar

Ingat, anda sudah berbeda sekarang, sangat berbeda dari cara hidup yang lama, sekarang anda adalah orang kaya yang akan membuka rahasia lebih besar lagi untuk menjadi orang kaya sejati. Apa yang berubah dalam hidup anda? Anda sudah memiliki “HIDUP” sebagai aset termahal dalam kerajaan TUHAN, selain itu anda telah memiliki “KESELAMATAN” sebagai harta sejati yang dibayar dengan DARAH yang mahal. Hikmat Tuhan yang berasal dari sorga yang memenuhi hidup anda sekarang telah membuka mata saudara untuk memahami dasar-dasar kekayaan hidup yang sejati. Mulai sekarang tentu cara pandang anda tentang dunia ini sudah berbeda, apa itu ? Bahwa Penguasa Tunggal atas segala aset di dalam jagat ini adalah Yesus, yang sudah memilih anda sekarang ini untuk dipercaya mengelolanya.

Dan FirmanKu Tinggal di Dalam Kamu

Alat komunikasi utama adalah mulut anda, yang tentu memperkatakan banyak Firman sebagai bukti FIRMAN itu sudah tinggal di dalam diri saudara. Otak saudara sebagai piranti lunak menyimpan data-data tentang Firman Tuhan itu. Sekarang Firman Tuhan sudah menjadi gaya hidup saudara dan tinggal dalam hidup, jiwa dan roh saudara. Kalau anda sudah pindah alamat dan menjadi satu rumah dengan sang BAPA itu, maka anda telah menjadi anggota keluargaNya. Berarti hari-hari anda baik saat duduk, berdiri, berjalan, saat bergaul, bercakap-cakap serta bergumul, semuanya dalam pengawasanNYA.

Bacalah Mazmur 139 ini sebagai gambaran konsekuensinya bagi hidup anda.

Mazmur 139:1. Untuk pemimpin biduan. Mazmur Daud. TUHAN, Engkau menyelidiki dan mengenal aku; 139:2 Engkau mengetahui, kalau aku duduk atau berdiri, Engkau mengerti pikiranku dari jauh. 139:3 Engkau memeriksa aku, kalau aku berjalan dan berbaring, segala jalanku Kaumaklumi. 139:4 Sebab sebelum lidahku mengeluarkan perkataan, sesungguhnya, semuanya telah Kauketahui, ya TUHAN. 139:5 Dari belakang dan dari depan Engkau mengurung aku, dan Engkau menaruh tangan-Mu ke atasku. 139:6 Terlalu ajaib bagiku pengetahuan itu, terlalu tinggi, tidak sanggup aku mencapainya. 139:7. Ke mana aku dapat pergi menjauhi roh-Mu, ke mana aku dapat lari dari hadapan-Mu? 139:8 Jika aku mendaki ke langit, Engkau di sana; jika aku menaruh tempat tidurku di dunia orang mati, di situpun Engkau. 139:9 Jika aku terbang dengan sayap fajar, dan membuat kediaman di ujung laut, 139:10 juga di sana tangan-Mu akan menuntun aku, dan tangan kanan-Mu memegang aku. 139:11 Jika aku berkata: “Biarlah kegelapan saja melingkupi aku, dan terang sekelilingku menjadi malam,” 139:12 maka kegelapanpun tidak menggelapkan bagi-Mu, dan malam menjadi terang seperti siang; kegelapan sama seperti terang. 139:13 Sebab Engkaulah yang membentuk buah pinggangku, menenun aku dalam kandungan ibuku. 139:14 Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya. 139:15 Tulang-tulangku tidak terlindung bagi-Mu, ketika aku dijadikan di tempat yang tersembunyi, dan aku direkam di bagian-bagian bumi yang paling bawah; 139:16 mata-Mu melihat selagi aku bakal anak, dan dalam kitab-Mu semuanya tertulis hari-hari yang akan dibentuk, sebelum ada satupun dari padanya. 139:17. Dan bagiku, betapa sulitnya pikiran-Mu, ya Allah! Betapa besar jumlahnya! 139:18 Jika aku mau menghitungnya, itu lebih banyak dari pada pasir. Apabila aku berhenti, masih saja aku bersama-sama Engkau. 139:19 Sekiranya Engkau mematikan orang fasik, ya Allah, sehingga menjauh dari padaku penumpah-penumpah darah, 139:20 yang berkata-kata dusta terhadap Engkau, dan melawan Engkau dengan sia-sia. 139:21 Masakan aku tidak membenci orang-orang yang membenci Engkau, ya TUHAN, dan tidak merasa jemu kepada orang-orang yang bangkit melawan Engkau? 139:22 Aku sama sekali membenci mereka, mereka menjadi musuhku. 139:23 Selidikilah aku, ya Allah, dan kenallah hatiku, ujilah aku dan kenallah pikiran-pikiranku; 139:24 lihatlah, apakah jalanku serong, dan tuntunlah aku di jalan yang kekal!

Saudara, “ingat kata Imanuel = Tuhan bersama dengan kita”. Apa saja yang kita lakukan untuk mewujudkan KEHENDAK DIA, dan berada dalam pengawasan DIA, ya, di dalam DIA.

Dengan demikian jika kita di dalam DIA maka hati kita penuh dengan kata-kata yang mulia, setiap saat akan terucap “jadilah kehendakMu, Haleluyah”.

Setiap saat, kita katakan hal yang mulia dan meninggikan DIA dalam kondisi apapun, ketika kita melakukan apapun, sebab memang demikianlah budaya dan cara hidup di rumah BAPA. Dipenuhi dengan pujian dan penyembahan dalam roh dan kebenaran, serta nyanyian baru. Maksud kata: “dan firmanKu tinggal di dalam kamu” artinya Pribadi YESUS tinggal di dalam hati, pikiran, jiwa, mulut, telinga dan seluruh eksistensi hidup anda. Yesus adalah Firman itu sendiri baca dalam Yoh 1:1”Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah”

Dengan demikian anda bisa memahami lebih dalam rahasia cara hidup menjadi kaya raya, yaitu hidup di dalam DIA, bukan hanya sekedar “bersama-sama dengan DIA”, tetapi lebih jauh ‘didalam DIA’. Ingat, mulai saat ini anda tidak memiliki kesempatan untuk kompromi dengan cara dunia. Maksudnya bahwa pilihan anda untuk memakai Firman Tuhan sebagai PIN anda untuk masuk ke dalam sistemnya ALLAh. PIN ini jangan pernah ditukarkan dengan kenikmatan dunia sesaat, anda tidak hidup dengan cara dunia lagi.

Seperti apa cara dunia? Norma-norma yang diterapkan oleh dunia, bersumber dari berbagai displin ilmu yang belum tentu berdasarkan Firman Tuhan. Cara dunia memperlakukan ‘etika mutualisme’ yang saling mengambil untung dalam kesempatan transaski apapun. Bertolak belakang dengan norma hidup dalam DIA, dengan berdasarkan Firman Tuhan, sangat berbeda sekali. “hendaklah kamu saling tolong menolong …” dan ada lagi, hendaknya yang kuat menolong mereka yang lemah…”. Hal ini menunjukkan bahwa norma yang diterapkan oleh Firman Tuhan bukan mutualisme hedonisme, tetapi menolong, memberi, rela rugi bahkan melayani dengan taruhan nyawa demi keselamatan jiwa orang lain sekalipun.

Suatu hari, teman saya memprotes dengan keras bahwa buku saya ini tidak realistis dalam dunia usaha. Karena siapa yang bisa untung dengan pola pikir yang hanya berpatokan pada kerelaan? Rela  berkorban bagi orang yang lain? Bagaimana bisa menjadi kaya kalau cara seperti ini diterapkan dalam kehidupan berbisnis ?

Maka  “…minta apa saja yang kamu kehendaki”

Anda sudah tinggal di dalam DIA dan FirmanNya sudah Tinggal di Dalam Kamu, sebuah proses yang sangat sederhana. Tetapi tidaklah semudah yang anda bayangkan, sebab DIA mengenal hatimu, motivasimu dan keinginan-keinginan yang mulia atau keinginan yang jahat sekalipun dalam otak anda.

DIA tidak bisa dipermainkan oleh cara manusia yang suka berlaku tidak setia. Apa jadinya, jika apapun yang anda minta dipenuhi olehNya? Bukankah DIA berkata  ‘minta apa saja yang kamu kehendaki’? Kemudian DIA serta merta memenuhi keinginan hati anda begitu saja?

Saudara, Tuhan kita, sangat maha Bijaksana bagaikan seorang Ayah yang baik, tidak memberikan pedang terhunus kepada anaknya yang masih berumur 5 tahun yang meminta pedang untuk alat perang-perangan.

Minta apa saja yang kamu kehendaki, dalam batas kewajaran dan layak di mata Tuhan, DIA tahu yang terbaik. Mungkin saja anda kecewa karena semua yang anda minta, hasilnya tidak pernah sesuai dengan kehendak hatimu, namun DIA yang maha tahu itu memberikan yang terbaik kepada anda.

Artinya kita boleh meminta apa saja kepada TUHAN, namun DIA berhak menentukan apa yang terbaik, bukan berarti DIA pelit atau lalai. Saya sebut istilah ini sebagai kebebasan yang sangat terkendali. Anda meminta apa saja yang tentunya bermuara kepada kemuliaan nama Tuhan itu sendiri. Kalau ada keinginan di luar Tuhan, berarti anda tidak tinggal bersama-sama dengan DIA lagi. Oleh karena itu ujilah dulu semua keinginan hatimu dan tanyakan dalam doa apakah itu layak untuk anda terima dan memuliakan Nama Tuhan atau tidak. Jangan hanya karena memenuhi hawa nafsu anda sendiri lalu memaksakan kehendak, itu sama dengan merampok Tuhan.

Dan kamu akan menerimanya

Pasti engkau menerimanya, kalau meminta kekayaan akan menjadi kaya, dalam sekejap itu bukan mustahil, ini adalah janjiNya. Hari ini, kamu telah menerima ‘Keselmatan Jiwa’ sebagai harta kekayaan termahal dalam jagat raya ini. Itulah jaminan yang saya sebutkan dari awal, bahwa ketika saudara memutuskan hidup dalam DIA maka saat itu juga anda sudah menjadi KAYA dengan keselamatan Jiwa. Apakah diikuti dengan perubahan fisik dengan signifikan?

Sekalipun harta yang kelihatan belum saudara terima namun, modal dasar sudah anda miliki. Waktu adalah milik Tuhan Yesus, sebab DIA maha bijaksana dan tidak ada yang mampu merubah keputusanNya yang MULIA itu.

TUHAN tahu persis yang terbaik untuk kita sebagai ‘anakNya’. Jangan karena uang yang melimpah, karena kekayaan yang besar  itu, justru membuat kita lebih mudah membunuh, justru kita mampu membayar pelacur dan berzinah, mampu membeli rupa-rupa pemuasan hawa nafsu dan sex, mampu membiayai pesta pora, justru kita melakukan dosa atas berkat TUHAN itu.

Apakah DIA berbohong dan tidak konsisten? Nah, mari periksa hati anda yang paling dalam dan menguji semua keinginanmu. Tuhan Yesus, sangat konsisten, nyawa pun DIA berikan untuk anda, apalagi dengan keinginan anda yang tidak seberapa dibandingkan dengan pengorbannya di kayu salib. Masalahnya sekarang,  untuk apa anda meminta kekayaan dan sejumlah uang yang besar itu ?

Perumpamaan “seorang laki-laki, pulang kerja langsung menuju ke rumah dengan teratur dan sangat terlihat setia kepada keluarga, kelihatan sangat sekhinah, mengapa? Karena uangnya pas-pasan untuk biaya rumah tangga saja, namun ketika dia diberkati dengan jabatan baru dalam kantornya, disertai kenaikan gaji yang signifikan, maka dia sering terlambat pulang. Alasannya yang pertama karena tuntutan kerja, dan alasan kedua harus bertemu klien di luar jam kerja. Dan akhirnya lupa untuk pulang karena sudah bisa mampu membiayai kesenangan baru di luar rumah.”  Dulu, istrinya berdoa agar suaminya diberkati dengan jabatan dan gaji yang lebih baik, namun sekarang istrinya menyesal dan memohon kepada Tuhan agar suaminya dikembalikan sekere dulu, agar bisa ingat istri dan anaknya dan mau pulang ke rumah lagi”.

Uang kadang membawa perubahan drastis dalam hidup kita, bagaikan cerita seorang pembantu rumah tangga yang menikah dengan tuannya sendiri. Dia diangkat menjadi nyonya rumah tangga ketika si tuan itu jatuh cinta kepada pembantunya. Dengan sejumlah uang pembantu itu dapat disulap dalam sekejab dan menjadi wanita yang setara dengan tuannya dan mulai sekarang dirinya dipanggil nyonya. Uang bisa membeli status dan merubah penampilan anda dalam waktu yang singkat.

Apakah uang bisa abadi untuk predikat seorang kaya yang sejati? Tentu tidak ! mengapa ? karena uang bagaikan gunung es yang mencair dan meleleh tanpa bekas.

Yesaya 31:1. Celakalah orang-orang yang pergi ke Mesir minta pertolongan, yang mengandalkan kuda-kuda, yang percaya kepada keretanya yang begitu banyak, dan kepada pasukan berkuda yang begitu besar jumlahnya, tetapi tidak memandang kepada Yang Mahakudus, Allah Israel, dan tidak mencari TUHAN.

Jangan meninggikan diri karena banyak uang dan jangan berharap akan kekuatan dari uang, bahkan uang tidak bisa menyelamatkan diri anda dari hukuman dosa. Uang tidak mampu membayar betapa mahalnya darah Yesus di kayu salib untuk sebuah harga jiwa saudara.

Sekarang anda telah menerima harta kekayaan baru yang disimpan dalam pundit-pundi baru yaitu sebuah ketopong keselamatan jiwa. Untuk apa saudara memiliki seluruh isi dunia ini, tetapi  anda akan kehilangna nyawa juga?

Markus 8:36 Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia, tetapi ia kehilangan nyawanya. 8:37 Karena apakah yang dapat diberikannya sebagai ganti nyawanya?

Sekarang sebuah kepercayaan kecil ada dalam genggaman anda yaitu menjaga posisi hatimu yang dalam. Pada tahap ini saudara diharuskan tetap percaya dan sedikitpun jangan bimbang, jangan terombang ambingkan oleh pengaruh dalam dunia ini. Anda harus lulus dari ujian-ujian yang sederhana. Baca Yakobus 1:8 Sebab orang yang mendua hati tidak akan tenang dalam hidupnya.

Oleh Pdm Ir Mustika Ranto Gulo

Iklan

6 pemikiran pada “Hikmat Menjadikan Kaya (3)

  1. Kolose 1:27 Kepada mereka Allah mau memberitahukan, betapa kaya dan mulianya rahasia itu di antara bangsa-bangsa lain, yaitu: Kristus ada di tengah-tengah kamu, Kristus yang adalah pengharapan akan kemuliaan!
    1:28 Dialah yang kami beritakan, apabila tiap-tiap orang kami nasihati dan tiap-tiap orang kami ajari dalam segala hikmat, untuk memimpin tiap-tiap orang kepada kesempurnaan dalam Kristus.
    1:29 Itulah yang kuusahakan dan kupergumulkan dengan segala tenaga sesuai dengan kuasa-Nya, yang bekerja dengan kuat di dalam aku.

  2. Saya lupa, dalam efesus 1 :11 menyatakan bhw kita bisa tahu diri karena Tuhan Yesus, siapa kita dan untuk apa kita hidup. silahkan baca saja.

    Dalam buku The Purpose -Driven Life” oleh Rick Warren membahas tentang “untuk Apa kita hidup di dunia, disana diuraikan begitu detail makna kehidupan.

    Saya menambahkan bahwa HANYA dalam TUHAN ada keberuntungan …bisnis apapun di dunia ini akan menuju kepada akhir yang tragis, namun bisnis yg dikelola dalam kendali TUHAN, akan berlipat ganda tanpa akhir..bertambah-tambah.

    Tetapi mengapa Kekayaan SALOMO berakhir? karena hatinya telah dicuri dan dicondongkan kepada illah lain oleh wanita-wanita yg hampir 1000 orang dalam hidupnya. Kenikmatan dunia tidak bisa dibedakan dengan kenikmatan bersama TUHAN lagi lehnya, shg kekayaannya pun di akhiri…juga.

    Banyak org kaya berakhir karena tujuan mereka ingin memuaskan nafsunya…GBU

    • Benar pak, saya tulis buku ini dgn penuh keberanian shg saya tidak ragu.
      Dalam efesus 1:11 sangat jelas “Aku katakan “di dalam Kristus”, karena di dalam Dialah kami mendapat bagian yang dijanjikan–kami yang dari semula ditentukan untuk menerima bagian itu sesuai dengan maksud Allah, yang di dalam segala sesuatu bekerja menurut keputusan kehendak-Nya–”

      Jadi sejak semula kita telah ditentukan untuk maksudnya ALLAH, ini jelas bhw misi kita menjadi KAYA itu adalah mewujudkan tujuan ALLAH kita.
      Amin
      Mustika Ranto Gulo

  3. Banyak bisnis sukses di tangan org yg tidak mengenal DIA yaitu TUHAN, namun saya yakin bahwa semua itu berakhir begitu saja. Setelah grafik pertumbuhan bisnis meraka naik dan mencapai puncak, lalu turun stagnan, akhirnya lenyap. Banyak yg bertahan juga sampai generasi ke dua, tiga dan bahkan generasi ke lima. Namun apa yang mereka tuai?
    Kekayaan mereka pun lenyap dan mendatangkan pertengkaran dan kutuk kepada cucu dan cicit mereka.

    Lalu apa yg kita dapatkan dari buku Hikmat Menjadikan Kaya, kekayaan bisa turun temurun?
    Pelaku Bisnis, berjalan dua system, separuh hati untuk dunia dan separuh hati untuk Tuhan…bgm?

    • Orang yg mendua hati ………………….tidak mendapatkan ketenangan dalam hidupnya.

      Minta hikmat ALLAH …maka DIA memberikannya kepadamu dalam mengambil keputusan yang sulit sekalipun. Amin

  4. Terima kasih anda telah membaca Bab III buku “Hikmat Menjadikan Kaya” yang artinya dengan modal “Hikmat Tuhan” anda bisa menjadi ‘KAYA”. Penelusuran saya bahwa hikmat yang tertinggi adalah “TAKU AKAN TUHAN” apa itu? Yaitu sangat menghormati TUHAN ALLAH ! segala keputusanNya harus dijunjung tinggi, tidak boleh di langgar.
    Lalu bagaimana menjalankan usaha / bisnis kalau harus TAKU AKAN ALLAH? Bisnis bisa mandek …bagaimana seharusnya?
    Kita akan bertemu pada BAB IV dan kita akan bahas di sana. Selamat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s