Hikmat Menjadikan Kaya (2)

Pdm Ir Mustika Ranto Gulo

PASTI MENJADI KAYA

Banyak orang pintar tetapi tidak kaya-kaya, tetapi survey di Amerika membuktikan bahwa sebaris nama orang terkaya dunia adalah orang yang dicap bodoh dan keluar (dropout) dari sekolah. Mereka adalah orang yang ‘gila’ terhadap tujuan yang harus dicapai, mereka sangat focus dalam cita-cita atau ‘goal’ yang mereka yakini.

Pandangan lain menyatakan bahwa ukuran kekayaan pun tidak semata-mata pada asset dan uang tabungan semata. Tetapi kekayaan itu dapat dinilai dari property hidup sehat.

Ketenangan jiwa juga dianggap salah satu ukuran kekayaan sejati. Namun, tidak bisa diukur nilainya, sehingga tidak bisa dijadikan patokan seberapa tenang jiwa anda dalam dunia ini? Bukankah dunia ini penuh dengan persaingan yang cukup keras?

Dunia ini penuh dengan segala fasilitas yang diciptakan untuk dinikmati oleh manusia. Tetapi manusia tidak bisa menikmatinya dengan baik, buktinya masih banyak yang miskin dan jatuh dalam banyak masalah hutang piutang.

Buku “Hikmat Menjadi Kaya” bukan hanya sekedar buku kumpulan rahasia  untuk menjadi kaya raya. Saya tidak menjual kucing dalam karung kepada anda, tetapi hari ini saya akan beritahu rahasia kepada anda. Anda “pasti menjadi kaya”.

Saya tidak menjanjikan sesuatu, tetapi saya memberitahukan rahasia besar kepada anda. Mengapa begitu beraninya saya memastikan anda akan menjadi kaya dalam sekejap? Karena saya akan pertemukan anda dengan DIA, Sang Pemilik Kekayaan itu, sumber dari segala sumber kekayaan dalam alam raya ini. Saya berani memastikan sesuatu apa yang pernah saya alami ketika menemukan kata kuncinya dan hidup dalam DIA dan masuk kedalam Kerajaan Yang Maha Kaya itu, saya menikmati kekayaan yang tak akan pernah habis-habisnya, tidak sama dengan kekayaan yang bersumber dari dunia ini.

Persepsi  Dunia Tentang Kekayaan

Sebelum terlalu jauh, anda harus memahami terlebih dahulu bahwa KAYA tidak identik dengan banyak uang atau harta benda yang melimpah ruah. Kaya tidak sama dengan istri banyak, selir banyak, mudah mengadakan apapun yang anda inginkan, anda dapat membeli segala sesuatu dengan mudahnya.

Kekayaan yang saya maksukan disini adalah kekayaan tanpa batas yang menembus semua nilai-nilai yang ada di dunia ini.”

Sekali lagi, kaya tidak berarti memiliki kemampuan untuk membeli apapun yang anda inginkan, misalnya membeli kebahagiaan, membeli semua barang dan pernak-pernik yang super mewah dalam dunia ini.

Kekayaan tidak berarti mampu membiayai hidup mewah, sama dengan kondisi hura-hura dan pesta pora yang penuh dengan tawa ria, foya-foya, dan sederet pola hidup papan atas seperti kehidupan celebrities / artis seperti cara kehidupan dalam film-film atau cerita antah barantah.  Kekayaan di dunia ini akan dimakan habis oleh ngengat dan akan luntur akhirnya tak ada wujudnya. Allah sangat adil, DIA tidak mungkin memberkati anda dengan kekayaan kalau tujuannya untuk memenuhi nafsu anda.

Saya meminjam kata-kata “Uang bisa membeli tempat tidur mewah, namun uang tidak bisa membeli tidur nyenyak yang nyaman”, Uang bisa membeli seks namun anda tidak akan pernah bisa membeli cinta sejati”.

Nilai-nilai kehidupan sejati, tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata, sebab ‘life value’ tidak sama dengan kebahagian yang diperoleh karena kuasa, harta atau uang dan apapun yang ada di dalam dunia ini.

Terimalah Harta terbesar yang tidak bisa dicuri oleh orang lain, tidak bisa dimakan oleh ngenat, tidak habis-habisnya dan sifatnya kekal untuk selama-lamanya:

  1. 1. Kekayaan yang utama adalah “Keselamatan Jiwa” yang tidak bisa dibayar dengan apapun di dunia ini. Jiwa anda akan kekal dalam surga yang baka,  karena dijamin atau digaransi dengan pasti.
  2. 2. Kekayaan yang kedua adalah “Keselamatan hidup’ yang tidak pernah kekuarangan sesuatu apapun karena disertai rasa syukur yang dalam. Hidup penuh dengan kebahagiaan yang tidak bisa disamakan dengan pemberian dunia ini.
  3. 3. Kekayaan yang ketika adalah “Kekayaan Rohani” yang dipuaskan oleh TUHAN dengan RohNya. Dunia tidak memilikinya, namun Tuhan akan menyediakannya kepada orang yang berkenan kepadanya.
Iklan

4 pemikiran pada “Hikmat Menjadikan Kaya (2)

  1. Yakobus 1:5 Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah, –yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit–,maka hal itu akan diberikan kepadanya.

    • Hikmat gratis ?

      Salom Pak George, saya mhs bapak 2004, terima kasih “Pahlawan tanpa Jasa” !

      Apakah Hikmat Gratis dari analisa penulisan Yakobus di atas. “hendaklah ia memintanya kepada Allah, apakah Allah kita memberikannya tanpa syarat?

      Allah memberikannya kepada semua orang dengan tidak mebangkit-bangkit, artinya ALLAH kita sangat adil dan murah hati. Orang yg tadinya pendosa pun bisa mendapat hikmat jika ia bertobat?

      “maka hal itu diberikan kepadanya”…..saya yakin penafsiran ayat ini adalah ALLAH sumber HIKMAT itu memberikan kepada siapapun yg memintanya tanpa syarat.

      MINTALAH >>>>>>!

      Mhn tanggapan dari bapak. TYM

  2. Perhatikan input yg ditulis paulus dalam

    Roma 11:33. O, alangkah dalamnya kekayaan, hikmat dan pengetahuan Allah! Sungguh tak terselidiki keputusan-keputusan-Nya dan sungguh tak terselami jalan-jalan-Nya!
    11:34 Sebab, siapakah yang mengetahui pikiran Tuhan? Atau siapakah yang pernah menjadi penasihat-Nya?
    11:35 Atau siapakah yang pernah memberikan sesuatu kepada-Nya, sehingga Ia harus menggantikannya?
    11:36 Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya!

  3. Manusia terdiri dari tiga bagian :
    Jiwa
    tubuh
    Roh

    Bisa dijelaskan kekayaan masing-masing pada poin penulisan akhir di atas, saya analisa sangat gantung sekali.
    Lebih baik diambil referensinya, untuk memperkuat tulisan akhir di atas.

    terima kasih
    Januar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s