KEHANGATAN KASIHNYA

Dalam perjalan menuju tempat Agung yaitu sorga sebagai tujuan akhir hidup ini, saya merasakan betapa banyak penghalang agar saya tidak sampai ke sana. Menurut Khotbah Bapak Pdt. DR. Jacob Nahuway, MA, menyatakan bahwa “KESUSAHAN SUDAH SETUA MANUSIA”.

Bagaimana menanggulangi kondisi ini, saran-saran Alkitab:

Terima kesusahan sebagai bahagian dari kehidupan [Ayat 3]

1. Kesusahan disebabkan karena dosa [Ams. 5:22]

2. Kesusahan karena kesalahan sendiri [1 Pet. 2:20]

3. Kesusahan yang diakibatkan orang-orang berwatak jahat [Mat.10:16]

4. Kesusahan karena dunia ini adalah tempat kesusahan [Yoh. 16:33]

5. Kesusahan karena nama Yesus [Filipi 1:29]

 

II.   Jangan ijinkan setan memakai kesusahan untuk melemahkan iman kita [ayat 5]

Sasaran setan adalah iman kita, mengapa? Iman adalah dasar kehidupan [Galatia 3:11]

1. Iman adalah dasar segala berkat [Matius 9:29]

2. Iman adalah dasar segala mujizat [Matius 19:26]

3. Iman adalah segala melawan iblis [1 Petrus 5:9]

4. Iman membuat kita sahabat Allah [Ibrani 11:6]

 

III.  Hadapi masalah dengan doa [ayat 10]

1. Nasehat Rasul Paulus perihal doa [Filipi 4:6]

2. Nasehat Rasul Yakobus perihal doa [Yakobus 5:13]

3. Nasehat Pemazmur perihal doa [Mazmur 50:15

 

IV.  Jangkau orang lain melalui masalah kita

1. Masalah kita menjadi kecil saat kita tidak menjadikannya pusat perhatian kita [Ibrani 12:2]

2. Masalah kita menjadi kecil saat kita menolong orang lain

 

V.   Hadapi masalah dengan mata yang tertuju pada kemuliaan yang akan datang

1. Penderitaan menyempurnakan kita [ayat 13]

2. Penderitaan sekarang tidak sebanding dengan kemuliaan yang akan datang [Roma 8:18]

Iklan

21 pemikiran pada “KEHANGATAN KASIHNYA

  1. KITA INI MASIH ADA DI DUNIA KARENA BELAS KASIHAN YESUS

    6:34 Ketika Yesus mendarat, Ia melihat sejumlah besar orang banyak, maka tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka seperti domba yang tidak mempunyai gembala. Lalu mulailah Ia mengajarkan banyak hal kepada mereka.

  2. YESAYA 42:6 “Aku ini, TUHAN, telah memanggil engkau untuk maksud penyelamatan, telah memegang tanganmu; Aku telah membentuk engkau dan memberi engkau menjadi perjanjian bagi umat manusia, menjadi terang untuk bangsa-bangsa,
    42:7 untuk membuka mata yang buta, untuk mengeluarkan orang hukuman dari tempat tahanan dan mengeluarkan orang-orang yang duduk dalam gelap dari rumah penjara.
    42:8 Aku ini TUHAN, itulah nama-Ku; Aku tidak akan memberikan kemuliaan-Ku kepada yang lain atau kemasyhuran-Ku kepada patung.

  3. khotbah Dr Jacob sangat berkesan, memang benar kesusahan dapat dihindari tetapi ada yang karena kelalaian, keberdosaan, keinginan dan kebodohan. saya anjur kan anda membaca khotbah Dr. Jacob Nahuway ini untuk beroleh inspiration. harun dethan/ motivator dan penulis. sy. dapat ditemui pada situs http://harunministry.wordpress.com selamat berjuang, tetap sehat, semangat dan sukses, salam dahsyat.

  4. 8:18 Sebab aku yakin, bahwa penderitaan zaman sekarang ini tidak dapat dibandingkan dengan kemuliaan yang akan dinyatakan kepada kita.

  5. 12:2 Marilah kita melakukannya dengan mata yang tertuju kepada Yesus, yang memimpin kita dalam iman, dan yang membawa iman kita itu kepada kesempurnaan, yang dengan mengabaikan kehinaan tekun memikul salib ganti sukacita yang disediakan bagi Dia, yang sekarang duduk di sebelah kanan takhta Allah.

  6. 50:15 Berserulah kepada-Ku pada waktu kesesakan, Aku akan meluputkan engkau, dan engkau akan memuliakan Aku.” Sela

  7. 5:13 Kalau ada seorang di antara kamu yang menderita, baiklah ia berdoa! Kalau ada seorang yang bergembira baiklah ia menyanyi!

  8. 4:6 Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.

  9. 11:6 Tetapi tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah. Sebab barangsiapa berpaling kepada Allah, ia harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi upah kepada orang yang sungguh-sungguh mencari Dia.

  10. 5:9 Lawanlah dia dengan iman yang teguh, sebab kamu tahu, bahwa semua saudaramu di seluruh dunia menanggung penderitaan yang sama.

  11. 19:26 Yesus memandang mereka dan berkata: “Bagi manusia hal ini tidak mungkin, tetapi bagi Allah segala sesuatu mungkin.”

  12. 3:11 Dan bahwa tidak ada orang yang dibenarkan di hadapan Allah karena melakukan hukum Taurat adalah jelas, karena: “Orang yang benar akan hidup oleh iman.”

  13. 1:29 Sebab kepada kamu dikaruniakan bukan saja untuk percaya kepada Kristus, melainkan juga untuk menderita untuk Dia,

  14. 16:33 Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku. Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia.”

  15. 10:16. “Lihat, Aku mengutus kamu seperti domba ke tengah-tengah serigala, sebab itu hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati.

  16. 2:20 Sebab dapatkah disebut pujian, jika kamu menderita pukulan karena kamu berbuat dosa? Tetapi jika kamu berbuat baik dan karena itu kamu harus menderita, maka itu adalah kasih karunia pada Allah.

  17. 5 Langkah Mengatasi KESUSAHAN

    by Pdt. DR. Jacob Nahuway, MA

    Kami tidak dapat tahan lagi, karena itu kami mengambil keputusan untuk tinggal seorang diri di Atena. Lalu kami mengirim Timotius, saudara yang bekerja dengan kami untuk Allah dalam pemberitaan Injil Kristus, untuk menguatkan hatimu dan menasihatkan kamu tentang imanmu, supaya jangan ada orang yang goyang imannya karena kesusahan-kesusahan ini. Kamu sendiri tahu, bahwa kita ditentukan untuk itu. Sebab, juga waktu kami bersama-sama dengan kamu, telah kami katakan kepada kamu, bahwa kita akan mengalami kesusahan. Dan hal itu, seperti kamu tahu, telah terjadi. Itulah sebabnya, maka aku, karena tidak dapat tahan lagi, telah mengirim dia, supaya aku tahu tentang imanmu, karena aku kuatir kalau-kalau kamu telah dicobai oleh si penggoda dan kalau-kalau usaha kami menjadi sia-sia. Tetapi sekarang, setelah Timotius datang kembali dari kamu dan membawa kabar yang menggembirakan tentang imanmu dan kasihmu, dan bahwa kamu selalu menaruh kenang-kenangan yang baik akan kami dan ingin untuk berjumpa dengan kami, seperti kami juga ingin untuk berjumpa dengan kamu, maka kami juga, saudara-saudara, dalam segala kesesakan dan kesukaran kami menjadi terhibur oleh kamu dan oleh imanmu. Sekarang kami hidup kembali, asal saja kamu teguh berdiri di dalam Tuhan. Sebab ucapan syukur apakah yang dapat kami persembahkan kepada Allah atas segala sukacita, yang kami peroleh karena kamu, di hadapan Allah kita? Siang malam kami berdoa sungguh-sungguh, supaya kita bertemu muka dengan muka dan menambahkan apa yang masih kurang pada imanmu. Kiranya Dia, Allah dan Bapa kita, dan Yesus, Tuhan kita, membukakan kami jalan kepadamu. Dan kiranya Tuhan menjadikan kamu bertambah-tambah dan berkelimpahan dalam kasih seorang terhadap yang lain dan terhadap semua orang, sama seperti kami juga mengasihi kamu. Kiranya Dia menguatkan hatimu, supaya tak bercacat dan kudus, di hadapan Allah dan Bapa kita pada waktu kedatangan Yesus, Tuhan kita, dengan semua orang kudus-Nya. 1 Tesalonika 3:1-13
    Kesusahan sudah setua manusia dan kesusahan adalah sahabat yang menuntun manusia mengenal Allah, tetapi kesusahan juga telah membuat manusia lemah dan mundur meninggalkan Tuhan. Karena itu simak lima langkah mengatasi kesusahan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s