APA ITU HIKMAT ?

APA ITU HIKMAT ?

BERBAGAI MACAM PEMAHAMAN TENTANG ARTI HIKMAT, HARI INI KITA BELAJAR SATU SESI KHUSUS BAHWA :

Hikmat Menjadikan KAYAHIKMAT adalah ‘pola pikir TUHAN’, yaitu tata cara yang maha mulia, yang sangat kudus dan suci; jadi kalau saudara meminta HIKMAT, berarti anda meminta agar cara dan POLA PIKIR  YANG MULIA itu,  masuk ke dalam system berpikir anda. Demikian kita memakai cara-cara ALLAH dalam memahami, memilih, menganalisa dan memutuskan apapun, yaitu seperti cara TUHAN itu sendiri.

Hikmat dapat diartikan cara-cara yang kudus dan suci, jalan-jalan yang maha baik, solusi yang tidak diragukan.

Arti Hikmat

BERBAGAI-BAGAI SUMBER HIKMAT YANG DICURI OLEH KUASA KEGELAPAN DARI ALLAH KITA.

Hikmat dunia tidak berasal dari POLA PIKIR ALLAH, tetapi berasal dari pikiran manusia yang menimbang-nimbang kebenaran dan kejahatan. Kemudian ia menemukan sebuah rumusan yang menurut dirinya adalah sebuah kebenaran.

Kuasa kegelapan akan berusaha terus menerus “…ia mengendap-ngendap untuk menelan mangsanya yaitu orang-orang yang lemah imannya”. Iblis menaruh ilmu baru dalam jiwa manusia untuk menentang kebenaran ALLAH.

Bagaimana membedakan antar hikmat dunia dengan HIKMAT ALLAH?

Berbagai filsafat dunia yang dianut oleh orang-orang dibagian belahan dunia, dipengaruhi oleh cara para ilmuwan berpikir termasuk para penulis-penulis yang sangat terkenal, secara nyata-nyata menentang TUHAN. Mereka memiliki pandangan-pandangan yang bertentangan dengan pola pikir ALLAH. Tuhan Yesus mengecam orang-orang farisi dan orang Yahudi yang menyatakan dirinya beragama, karena agama dipakai sebagai alasan untuk melegitimasi keinginan mereka sendiri, mereka menambahkan kata “kebijaksanaan”. Kata bijak ditempelkan dalam kata hikmat, yang sama sekali tidak sejajar dengan kemuliaan kata ‘HIKMAT” itu sendiri.

Jika anda menutup mata dan berharap agar dirimu adalah orang yang berhikmat, maka anda tidak berhubungan dengan manusia. Pandangan kita tertuju kepada kemuliaan TUHAN, kekudusannya, mampu memahami jalan-jalan Tuhan. Agama diatur sedemikian rupa untuk melegalkan keinginan mereka, sehingga ketika berhadapan dengan “POLA PIKIR ALLAH” sangat bertentangan.

HIKMAT yang diminta oleh Raja SALOMO dari TUHAN yaitu pengetahuan, pengertian dan cara ALLAH memandang segala sesuatu. Agar Raja SALOMO mendapatkan HIKMAT TUHAN ia masuk ke dalam areanya TUHAN. DIA yakin bahwa pengetahuan itu ada dalam rumah Bapa di sorga. Demikian juga kita meminta hal yang sama kepada DIA sumber segala sumber HIKMAT di dalam Yesus Kristus. Masuklah ke dalam areanya TUHAN artinya harus mengambil keputusan untuk tinggal dalam TUHAN yaitu melayani DIA sepenuhnya. Apakah saudara ingin melayani DIA juga?

Takut akan ALLAH adalah sumber pengetahuan. Amsal 1:7

Takut akan ALLAH, artinya konsisten memuaskan hati ALLAH. Kalau anda takut akan ALLAH berarti anda tetap setia sampai mati, tidak mau menyakiti hatiNya dengan berpaling kepada kesenangan dunia. Berhala dunia modern yaitu cinta UANG merupakan kekejian dimata ALLAH, resikonya anda akan dikenai hukuman berupa kutuk. Namun, jika anda melakukan segala sesuatu dengan berpedoman pada keinginan hati BAPA, maka anda akan memperoleh hikmat baru, pengetahuan demi pengetahuan memenuhi hidup saudara.

Bagaimana cara mengenal hati Bapa?

Berbagai buku saya abaca, bahwa keakraban di dunia ini berawal dari sebuah komunikasi yang terbuka. Demikian juga dengan keakraban kita dengan Sang Bapa, berawal dari komunikasi yang terbuka. Akrab dengan TUHAN, dengan cara bergaul erat dalam budaya  dan cara kerja ALLAH kita.

Sumber Pengetahuan

Di dalam DIA, tidak ada kekurangan jalan keluar apapun, termasuk pengetahuan dan disiplin ilmu apapun. Jadi ketika anda sudah bergaul erat dengan DIA, maka pengetahuan itu pun menjadi milik anda. Mazmur 19, mentakan “AKU akan mengajarkan dan memberitahukan kepada mereka jalan mana yang harus mereka tempuh….”

TUHAN senantiasa memberitahukan jalan apa yang harus anda tempuh dalam menyelesaikan sebuah proyek kehidupan anda. Apakah itu dalam mengurus sebuah perusahaan ataupun menjadi kepala rumah tangga, atau menjadi ibu bagi seorang anak yang cacat dan melelahkan. Hikmat Tuhan akan tinggal bersama-sama dengan anda. Tanda-tandanya adalah ketika dunia menganggap sesuatu masalah merupakan kerugian, namun dalam pandangan HIKAMT TUHAN, masalah itu justru membuat anda menang. Dulu, beberapa orang bertindak tidak menguntungkan dan dianggap merugikan anda, namun sekarang sudah berbeda cara pandang anda terhadap mereka, justru cara mereka itu telah telah menjadi sebuah keuntungan bagi diri saudara. Memang sulit sekali memahami hali ini, kalau tidak disertai dengan rasa percaya diri, rendah hati dan penuh dengan ucapan syukur kepada ALLAH.

HIKMAT seperti inilah yang dicari dan diminta oleh Raja Salomo selama hidupnya. Cara pandang yang berbeda dan sangat unik. Menyenangkan dan menguntungkan banyak pihak yang pro kebenaran. Mintalah hikmat itu sekarang dan anda segera berubah. Contohnya adalah ketika hati saudara penuh dengan kebencian dan dendam kepada seseorang. Tiba-tiba saudara berteriak minta tolong kepada BAPA mengatakan “TUHAN, Bapa yang baik, berikan aku hikmatMu untuk mengampuni orang ini, hapuskan dendam dan sakit hatiku dengan darahMu yang suci itu, sekarang aku mengasihi dia”. Roh Kudus memateraikan teriakan minta tolong anda itu di hadapan BAPA, dan anda sudah menjadi pemenang. Ketika bertemu dengan orang tersebut pun akan terheran-heran melihat suatu perubahan besar dalam diri suadara. Nama ALLAH kita dimuliakan atas perdamaian dalam dunia ini. ALLAH kita dalam YESUS KRISTUS menghendaki damai sejahtera bukan peperangan dan kebencian.

Hikmat Menjadikan Kaya, sangat beralasan sebagai prinsip hidup dalam dunia ini. Apakah saudara menjalankan bisnis multinasional sekalipun, atau anda menjadi pekerja di sebuah yayasan social. Tetap dibutuhkan cara ALLAH untuk mengelolanya, bukan dengan cara hikmat dunia.

HIKMAT ADALAH ASET YANG TIDAK BISA DICURI OLEH SIAPAPUN. Hikmat Tuhanlah yang membuat anda beruntung dan mendapatkan profit yang berlipat ganda. Beberapa pakar dan ahli bom nuklir hilang begitu saja, mereka disinyalir dibunuh karena ilmu mereka sangat menggoda untuk nilai yang mahal selain itu sangat membahayakan. Ilmu mereka ternyata bisa dicuri, disalin dan ditiru, namun Hikmat Tuhan, tidak bisa diambil dari hidup saudara, pengetahuan itu tetap melekat pada diri anda sendiri.

Baca lanjutan pada sambungan kedua …..(Hikmat Menjadikan Kaya 4.2)

About these ads

One thought on “APA ITU HIKMAT ?”

  1. Bukti Bahwa Allah kita tidak membenci kekayaan adalah dalam

    Amsal 10:15 Kota yang kuat bagi orang kaya ialah hartanya, tetapi yang menjadi kebinasaan bagi orang melarat ialah kemiskinan.

    Artinya, jadilah kaya dengan cara ALLAH sehingga engkau menjadi kuat. Anaak-anak TUHAN menjadi penentu dalam dunia bisnis dan politik, mereka akan menjadi saksi dalam setiap pergumulan hidup pribadi dan mempengaruhi kehidupan banyak orang.

    Saya sumbang pemikiran seperti ini:
    Anak-anak TUHAN akan menduduki jabatan2 penting dan menjadi kuat dalam arti kaya karena mereka memakai Hikmat Tuhan. Menguasai bisnis Utama dalam bangsa ini, dan akhirnya TUHAN DIAGUNGKAN karena cara hidup mereka penuh dengan hikmat.

    bagaimana Pak ?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s